Hagia Sophia

22 August 2023

Untuk Atasi Polusi Udara, Pilih Tanaman Hias atau Air Purifier?

Foto: Getty Images/iStockphoto/Grumpy Cow Studios

Tak sedikit warga kini mengupayakan beragam cara untuk mengatasi engap akibat paparan polusi udara yang parah, khususnya di kawasan Jabodetabek. Di samping penggunaan masker dan mengurangi aktivitas luar rumah, penggunaan air purifier juga disebut-sebut bisa mengatasi efek paparan polusi udara.

Menurut dokter spesialis paru dr Erlina Burhan, SpP(K), penggunaan air purifier di rumah memang bisa menjadi salah satu cara untuk warga menekan risiko gangguan pernapasan akibat polusi udara, jika memang dananya ada. Pada dasarnya, alat ini berfungsi sebagai filter (penyaring) untuk membersihkan udara ruangan dari polusi.

Pasalnya, jika kualitas udara sudah sangat parah, polutan pun bisa masuk ke dalam rumah. Walhasil, warga yang hanya beraktivitas di rumah pun mungkin tetap mengalami efek polusi.

"Bila sudah sedemikian parah, sebagian akan bisa masuk ke dalam rumah, bila jendela terbuka. Jadi kalau levelnya parah, sebaiknya jendela dan pintu ditutup. Kala pun ada sedikit yg masuk maka pakai air purifier untuk memfilter," jelas dr Erlina kepada detikcom, Senin (21/8/2023).

Tak Punya Air Purifier, Tanaman Hias Bisa Jadi Alternatif?

Menanam pohon dan memperbanyak tanaman di dalam ruangan (indoor) juga bisa menjadi cara lain untuk meminimalkan efek polusi udara. Beberapa tanaman seperti Lidah Mertua sampai Bunga Krisan disebut mampu menyaring polutan penyebab polusi udara.

Tanaman dalam ruangan bisa menjernihkan udara di dalam ruangan dan menurunkan tingkat polutan VOC seperti benzena, etilbenzena, xilena, stirena, formaldehida, asetaldehida, dan toluena.

Hanya saja efektivitas tanaman dalam menekan risiko gangguan pernapasan akibat polusi udara sangatlah kecil, apabila tidak dibarengi dengan intervensi lainnya.

"Masih ada kontribusinya tapi tidak cukup, terutama bila sumber polusi tidak diintervensi," beber dr Erlina.

"(Penggunaan tanaman hijau di area tempat tinggal) sedikit membuat udara lebih bersih. Sedikit banget dibanding polusi yang sudah pada level mengkhawatirkan," pungkasnya.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Tanam Lidah Mertua Vs Pasang Air Purifier, Mending Mana Buat Tangkal Polusi?"