Hagia Sophia

23 September 2023

Ditemukan Pisau Bersarang di Perut Pria Nepal Ini

Pisau menyangkut di perut pria di Nepal. (Foto: Cureus Journal of Medical Science)

Seorang pria di Nepal mengeluh sakit yang ringan di perutnya. Meski tidak terlalu parah, rasa nyeri di perut bagian bawahnya itu muncul terus-menerus.

Akibat rasa nyeri itu, dia langsung pergi ke rumah sakit untuk memeriksakan kondisinya. Dalam pemeriksaan, pria 22 tahun itu tidak mengalami gejala lain misalnya seperti mual, muntah, diare, atau sembelit.

Melihat itu, dokter langsung melakukan rontgen untuk bisa memeriksanya lebih lanjut. Betapa kagetnya, dokter menemukan ada sebilah pisau yang bersarang di perutnya.

Pisau itu melintas dari sisi kanan ke kiri perutnya. Namun, menurut laporan kasus di jurnal Cureus, pisau itu tidak melukai organ dalam lainnya.

"Ini merupakan kondisi yang berpotensi mengancam nyawa jika pisau berada dekat dengan organ vital di perut," kata laporan kasus tersebut yang dikutip dari Newsweek, Kamis (21/9/2023).

Diketahui, pria itu ditikam sehari sebelumnya dalam sebuah perkelahian dan menyebabkan luka. Para tenaga medis yang melihat luka itu menjahit lukanya tanpa memeriksa kondisi di dalam perut pria tersebut, yang membuat pisau itu tertinggal di dalamnya.

Hal menakjubkan lainnya, pada kasus ini pisau itu berpindah dari sisi kanan ke kiri tanpa menyebabkan cedera tambahan.

Dari hasil rontgen, ditemukan ada luka di bagian liver pria tersebut. Namun, itu diperkirakan terjadi akibat penikaman sebelumnya, bukan di saat kejadian yang dilaporkan jika dilihat dari lokasi luka tusuk tersebut.

Terdapat sedikit darah yang ditemukan di dalam tubuh pasien. Selain itu, tidak ada isi usus, yang menunjukkan bahwa pisau tersebut tidak menusuk saluran pencernaan, dan ia tidak memiliki tanda-tanda peritonitis.

"Potensi bahaya benda tajam yang bergerak bebas di dalam rongga perut cukup signifikan, dengan risiko tinggi terjadinya cedera tambahan pada organ dan pembuluh darah," tulis para penulis dalam laporan kasus tersebut.

Pisaunya dikeluarkan dari tubuh pria 22 tahun itu oleh ahli bedah. Setelah pembedahan, dia sembuh dengan cepat dan baru bisa keluar dari rumah sakit lima hari kemudian. Namun dia tidak muncul untuk tindak lanjut seminggu kemudian.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Lagi! Benda Aneh 'Bersarang' di Tubuh, Kali Ini Pisau Nyangkut di Perut"