Hagia Sophia

23 September 2023

Telapak Tangan Berkeringat Merupakan Tanda Sakit Jantung? Ini Kata Pakar

Foto: ilustrasi/thinkstock

Telapak tangan berkeringat kerap dikaitkan dengan gejala penyakit jantung. Tidak sedikit yang mempercayai tangan kerap basah berarti menunjukkan tanda jantung lemah. Benarkah?

Spesialis jantung dan pembuluh darah dr Sebastian Andy Manurung, SpJP(K) mengatakan tangan berkeringat memang menjadi keluhan banyak pasien penyakit jantung. Namun, kondisi tersebut dibarengi dengan tanda-tanda penyakit jantung lain seperti sesak napas, sakit dada, dan jantung terasa berdebar.

"Tangan berkeringat itu bukan yang jadi gejala utamanya. Hiperhidrosis bukan masalah jantung tapi tentunya gejala tersebut yang menyertai penyakit jantung," ujarnya dalam webinar 'Waspada Denyut Nadi Tidak Beraturan' dalam rangka menyambut Hari Jantung Sedunia, Kamis (21/9/2023).

Hiperhidrosis terjadi ketika kelenjar keringat memproduksi lebih banyak keringat di beberapa bagian tubuh tertentu, termasuk telapak tangan. Hiperhidrosis atau keringat berlebih disebabkan oleh banyak faktor termasuk hormon dan genetik.

dr Sebastian menegaskan tangan berkeringat bisa jadi merupakan gejala awal penyakit jantung jika disertai gejala lain yang terkait dengan jantung. Apabila mengalami tanda-tanda lain yang menyertai tangan berkeringat, disarankan segera mengunjungi fasilitas kesehatan.

Adapun tanda-tanda penyakit jantung yang perlu diwaspadai yakni:
  • Jantung berdebar-debar
  • Sesak napas
  • Nyeri dada sebelah kiri
  • Lemas bahkan pingsan
  • Mual dan muntah
  • Berkeringat dingin dan mudah lelah




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Telapak Tangan Berkeringat Seperti Ini Bisa Jadi Tanda Sakit Jantung"