Hagia Sophia

17 January 2024

Beberapa Kebiasaan yang Bisa Micu Gagal Ginjal Kronis

Ilustrasi. (Foto: Getty Images/iStockphoto)

Penyakit ginjal kronik (chronic kidney disease/CKD) atau gagal ginjal kronis adalah kondisi ketika ginjal mulai mengalami penurunan fungsi sehingga tidak lagi bisa bekerja sebagaimana mestinya. Ada beragam faktor yang bisa memicu terjadinya penyakit ini, termasuk di antaranya sejumlah hal yang kerap dianggap sepele.

Penyakit ginjal kronis juga merupakan kondisi yang harus diwaspadai. Menurut data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018, penyakit ini menyerang 739.208 jiwa atau 3,8 persen dari masyarakat Indonesia. Tak hanya itu, penyakit ginjal kronis juga termasuk ke dalam 10 besar penyakit dengan kematian tertinggi di Tanah Air.

Karenanya, penting untuk mengetahui faktor-faktor penyebab penyakit ginjal kronis, bahkan hal yang terkesan sepele sekalipun.

Kebiasaan yang Bisa Memicu Penyakit Ginjal Kronis

Hal sepele penyebab penyakit ginjal kronis bisa berasal dari kebiasaan yang kita lakukan sehari-hari. Dikutip dari berbagai sumber, berikut kebiasaan yang diam-diam bisa meningkatkan risiko penyakit ginjal kronis.

1. Sering mengonsumsi garam
Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung garam dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi atau hipertensi. Hipertensi sendiri merupakan salah satu faktor pemicu gagal ginjal kronis yang paling umum.

Darah tinggi yang terjadi secara terus menerus dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh arteri di sekitar ginjal, seperti penyempitan, pengerasan, hingga membuat dinding pembuluh darah melemah. Akibatnya, pembuluh darah tersebut tidak bisa mengalirkan darah ke ginjal secara optimal. Seiring waktu, hal ini dapat mengganggu fungsi ginjal dan menyebabkan penyakit ginjal kronis.

2. Mengonsumsi makanan manis
Tak hanya garam, kebiasaan mengonsumsi makanan manis yang tinggi gula juga dapat meningkatkan risiko penyakit ginjal kronis. Pasalnya, keseringan mengonsumsi makanan manis dapat membuat seseorang rentan terkena diabetes, yang mana juga menjadi faktor penyebab umum penyakit ginjal kronis.

Dikutip dari laman Centers for Disease Control and Prevention (CDC), kadar gula darah yang terlalu tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah serta nefron di ginjal. Hal inilah yang kemudian perlahan membuat ginjal tak lagi mampu melakukan tugasnya.

Selain itu, orang yang mengidap diabetes juga rentan mengalami tekanan darah tinggi. Sehingga, risiko penyakit ginjal kronis juga semakin meningkat.

3. Jarang minum air putih
Jarang minum air putih dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami batu ginjal. Pada beberapa kasus, batu ginjal dapat menyebabkan komplikasi yang lebih serius, salah satunya adalah penyakit ginjal kronis.

Batu ginjal dapat dicegah dengan minum air putih secara rutin dan teratur. Jadi dengan mencukupi kebutuhan cairan tubuh, maka secara tidak langsung dapat mencegah risiko penyakit ginjal kronis.

4. Kurang tidur
Tidur malam sangat penting untuk kesehatan, termasuk ginjal. Sebuah studi mengungkapkan orang yang kurang tidur mengalami penurunan fungsi ginjal yang lebih cepat dibanding mereka yang tidur dengan teratur.

"Fungsi ginjal sebenarnya diatur oleh siklus tidur-bangun. Hal tersebut membantu mengkoordinasikan beban kerja ginjal selama 24 jam. Kita juga tahu kebiasaan nokturnal (aktif di malam hari) dapat memengaruhi penyakit ginjal kronis, dan orang yang kurang tidur biasanya mengalami penurunan fungsi ginjal yang lebih cepat," ujar peneliti dari Brigham and Women's Hospital, Ciaran McMullan.

5. Terlalu banyak makan daging
Daging memang merupakan sumber protein hewani yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun, terlalu banyak mengonsumsi daging juga dapat menimbulkan dampak pada kesehatan, termasuk ginjal.

Pasalnya, protein hewani dari daging dapat asam dalam jumlah tinggi pada darah, sehingga bisa membahayakan ginjal. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya asidosis, yakni kondisi ketika ginjal tidak mampu menghilangkan asam dalam waktu yang cukup cepat. Selain memperburuk kondisi ginjal, asidosis juga dapat meningkatkan risiko penyakit ginjal kronis.

6. Merokok
Merokok juga menjadi salah satu kebiasaan yang dapat memicu risiko penyakit ginjal kronis. Salah satu alasannya adalah karena merokok dapat memicu tekanan darah tinggi, yang mana merupakan penyebab utama penyakit ginjal kronis.

Kandungan kimia yang ada pada rokok dapat merusak dinding pembuluh darah dan mempercepat terjadinya penumpukan plak. Hal ini dapat membuat pembuluh darah menyempit, sehingga memengaruhi pasokan darah dan oksigen menuju ginjal. Akibatnya, fungsi ginjal perlahan akan menurun dan berisiko mengalami gagal ginjal kronis.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "6 Kebiasaan yang Tak Disangka-sangka Bisa Picu Gagal Ginjal Kronis"