Hagia Sophia

17 January 2024

Olahraga Jalan Kaki Dapat Turunkan Kadar Gula Darah untuk Kurangi Risiko Diabetes

Ilustrasi jalan kaki. (Foto: iStock)

Jalan kaki sudah terbukti bermanfaat untuk kesehatan. Lantas, apakah jalan kaki ampuh untuk menurunkan gula darah?

Rutin melakukan aktivitas fisik setiap hari merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan. Bahkan, kegiatan sesimpel olahraga jalan kaki saja sudah bisa memberikan manfaat yang besar bagi tubuh.

Salah satunya dalam membantu mengendalikan gula darah. Ternyata, olahraga jalan kaki dapat menurunkan kadar gula dalam darah dan mengurangi risiko seseorang terkena diabetes tipe 2.

Tak hanya itu, olahraga jalan kaki juga membantu mencegah kenaikan gula darah pada pengidap diabetes. Karenanya, olahraga jalan kaki kerap dianjurkan untuk orang-orang yang memiliki kondisi atau risiko penyakit tersebut.

Seperti Apa Jalan Kaki yang Bisa Menurunkan Gula Darah?

Lantas, bagaimana cara melakukan olahraga jalan kaki untuk menurunkan gula darah? Dikutip dari laman American Diabetes Association, seseorang setidaknya harus berjalan kaki sebanyak 10.000 langkah, atau selama 30 menit untuk bisa menurunkan kadar gula darah dan mengatasi diabetes.

Jalan kaki sendiri dinilai sebagai aktivitas fisik yang tepat bagi pengidap diabetes lantaran minim risiko cedera. Sehingga, olahraga ini bisa dilakukan oleh siapa saja, baik muda maupun tua. Selain itu, jalan kaki termasuk olahraga yang mudah dilakukan karena bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja tanpa membutuhkan peralatan khusus.

Olahraga ini juga terbilang fleksibel dari segi waktu. Misalnya, jika seseorang tidak punya banyak waktu atau memiliki batasan untuk berjalan kaki selama 30 menit setiap hari, maka bisa membaginya dengan berjalan kaki selama 10 menit di pagi, siang, dan malam hari setelah makan.

Ketika tubuh sudah terbiasa, maka bisa mulai meningkatkan intensitas dengan menambah durasi, jarak, atau kecepatan. Semakin intens olahraga jalan kaki yang dilakukan, tentunya semakin besar kadar glukosa yang dapat diturunkan. Karenanya, orang yang rutin olahraga jalan cepat memiliki risiko lebih rendah terkena diabetes tipe 2.

Kenapa Jalan Kaki Bisa Menurunkan Gula Darah?

Ada banyak alasan mengapa jalan kaki bisa menurunkan gula darah dan mencegah risiko diabetes. Pertama, aktivitas fisik seperti jalan kaki dapat meningkatkan sensitivitas terhadap insulin. Sehingga, tubuh bisa memanfaatkan hormon tersebut untuk memproses gula darah secara lebih efisien.

Kedua, saat berolahraga sel-sel di dalam otot tubuh akan memanfaatkan glukosa sebagai sumber energi. Semakin tinggi intensitas olahraga, semakin banyak pula glukosa digunakan untuk menghasilkan energi.

Selain itu, olahraga jalan kaki secara rutin dapat membantu menurunkan berat badan. Sebagaimana yang diketahui, kelebihan berat badan atau obesitas merupakan salah satu faktor utama yang bisa memicu kenaikan gula darah dan meningkatkan risiko diabetes tipe 2.

Manfaat Jalan Kaki untuk Kesehatan

Selain menurunkan gula darah, olahraga jalan kaki secara keseluruhan memiliki dampak yang cukup signifikan terhadap kesehatan, antara lain:
  • Meningkatkan kesehatan jantung
  • Meningkatkan metabolisme tubuh
  • Menurunkan tekanan darah
  • Meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kolesterol jahat (LDL)
  • Meningkatkan mood, fokus, dan kewaspadaan
  • Meningkatkan ingatan dan kemampuan kognitif



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Apakah Jalan Kaki Ampuh untuk Menurunkan Gula Darah? Begini Penjelasannya"