Hagia Sophia

17 January 2024

Hati-hati...Kebiasaan Sehari-hari Ini Bisa Perpendek Umur

Foto: shutterstock

Hidup sehat dan panjang umur bukan hal yang tidak mungkin. Kebiasaan sehari-hari sangat berpengaruh dan menentukan kondisi tubuh seseorang.

Jika rutin melakukan aktivitas fisik dan menerapkan pola hidup sehat, masalah kesehatan yang berhubungan dengan gaya hidup bisa dihindari. Umur bisa bergantung pada kebiasaan yang dilakukan.

Namun, ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang jika dilakukan terus menerus bisa memperpendek umur.

Berikut beberapa di antaranya dikutip dari Longetivity Tech.

Kebiasaan Memperpendek Umur

1. Kebanyakan duduk
Telah banyak penelitian yang menunjukkan kaitan antara kebiasaan duduk dan risiko kematian. Dalam penelitian yang dilakukan oleh British Medical Journal, mereka menemukan kebiasaan duduk lebih dari 3 jam sehari bisa memperpendek usia hingga dua tahun.

Jika pekerjaan mengharuskan lebih banyak duduk, cobalah untuk berdiri dan berjalan-jalan setiap 30 menit sekali.

2. Mudah marah dan stres
Marah bisa menjadi emosi yang sulit untuk dilepaskan. Kadar hormon stres ini meningkat saat Anda stres atau marah, yang berdampak negatif pada jantung, metabolisme, dan sistem kekebalan tubuh.

Kortisol tinggi telah dikaitkan dengan kematian yang lebih besar dalam sejumlah penelitian

Seperti marah, stres berdampak buruk pada tubuh dan mungkin memperpendek umur. Dengan mencoba mengurangi stres, seseorang dapat meningkatkan kesehatan dalam jangka panjang juga memperbaiki kualitas hidup.

3. Merokok
Salah satu kebiasaan paling mematikan adalah merokok. Anda dapat terkena penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), emfisema, penyakit jantung, kanker paru-paru, dan stroke akibat merokok.

Dalam penelitian, merokok dapat menyebabkan sekitar 90 persen kematian akibat kanker paru-paru; 80 persen perokok meninggal karena COPD, dan 17 persen perokok meninggal karena komplikasi jantung.

Secara umum, terdapat 4.000 atau lebih bahan kimia yang tercatat dalam rokok dan 60 bahan kimia di antaranya dapat menyebabkan kanker.

4. Kerja Lembur
Penelitian menunjukkan pekerja yang keseringan lembur, risiko terkena serangan jantungnya juga meningkat. Selain itu, tercatat sekitar 745.000 kematian pada tahun 2016 yang disebabkan oleh stroke dan penyakit jantung akibat terlalu banyak bekerja dan terus meningkat dari tahun ke tahun.

Bagi mereka yang memiliki masalah kardiovaskular, terlalu banyak bekerja dan lembur bisa memicu kematian mendadak. Oleh karena itu, istirahat dan menjauhi pekerjaan dari waktu ke waktu sebenarnya adalah masalah hidup dan mati.

5. Begadang
Luangkan waktu untuk tidur yang cukup jika ingin hidup lebih lama. Kurang tidur dapat menyebabkan beberapa gangguan jantung, seperti detak jantung tidak teratur, penyakit jantung, gagal jantung, dan serangan jantung.

Seseorang juga bisa menderita stroke iskemik karena penggumpalan di otak dan stroke hemoragik di mana pembuluh darah pecah dan berdarah di otak akibat begadang. Kurang tidur secara terus-menerus justru dapat memperpendek umur.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Viral Putihkan Gigi Pakai Odol Campur Garam, Betulan Manjur? Ini Kata Dokter"