Hagia Sophia

17 January 2024

Ilmuwan: 'Mumi Alien' di Peru Hasil Rekayasa Manusia

Mumi alien di Peru. (Foto: REUTERS/SEBASTIAN CASTANEDA)

Para ilmuwan menyatakan dua 'mumi alien' di Peru yang sempat viral adalah hasil rekayasa. Menurut analisis ilmiah yang terungkap pada Jumat (12/1/2024), keduanya adalah 'boneka' yang tersusun dari tulang makhluk di bumi.

Kedua 'mumi alien' itu muncul di kantor kurir DHL bandara Lima di dalam sebuah kotak kardus. Itu dibuat agar terlihat seperti tubuh mumi yang mengenakan pakaian tradisional Andean.

Beberapa media kemudian berspekulasi tentang kemungkinan asal usul alien tersebut.

Kedua spesimen kecil tersebut dideskripsikan sebagai boneka humanoid oleh para ahli dalam konferensi pers yang diselenggarakan Kementerian Kebudayaan di Lima, Peru. Mereka meyakini bahwa kedua mumi itu dibuat dari bagian tubuh manusia dan hewan.

Tangan berjari tiga yang diyakini berasal dari wilayah Nazca di Peru juga dianalisis. Dari hasil tersebut, para ahli mengesampingkan adanya hubungan dengan kehidupan alien.

"Mereka bukan makhluk luar angkasa. Mereka adalah boneka yang terbuat dari tulang binatang dari planet ini yang disatukan dengan lem sintetis modern," kata Flavio Estrada, arkeolog di Institut Kedokteran Hukum dan Ilmu Forensik Peru yang dikutip dari Reuters, Senin (15/1).

"Ini benar-benar cerita yang dibuat-buat," tambah Estrada.

Pada September 2023 lalu, dua tubuh mumi kecil dengan kepala memanjang dan tangan dengan tiga jari ditampilkan pada sidang kongres Meksiko. Jurnalis Meksiko dan penggemar UFO Jaime Maussan mengklaim bahwa mayat-mayat itu berusia sekitar 1.000 tahun dan ditemukan dari Peru pada tahun 2017, namun tidak terkait dengan spesies apapun yang diketahui.

Kebanyakan ahli kemudian menganggapnya sebagai sebuah penipuan. Kemungkinan itu berasal dari mumi manusia purba yang dimutilasi dan digabungkan dengan bagian tubuh hewan, yang pasti berasal dari makhluk di bumi.

Dalam konferensi pers yang sama, para ahli tidak mengatakan bahwa boneka yang ditemukan di kantor DHL ada hubungannya dengan mumi yang dipresentasikan di Meksiko. Namun, mereka menekankan bahwa sisa-sisa boneka di Meksiko juga bukan berasal dari makhluk luar angkasa.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Ilmuwan Pastikan 'Mumi Alien' di Peru Hasil Rekayasa Manusia"