Hagia Sophia

23 February 2024

Ingin Punya Umur Panjang? Hindari Makanan Ini

Foto: iStock

Orang-orang di Blue Zone atau Zona Biru biasanya sangat selektif dalam memilih dan membatasi makanan. Blue Zone sendiri adalah istilah untuk tempat/wilayah, yang orang-orangnya bisa hidup paling lama dan paling sehat.

Makanan-makanan orang yang hidup di Blue Zone, biasanya dibatasi. Seringnya mereka mengurangi makanan -makanan olahan dan yang ditambahi gula.

Blue Zone bisa bervariasi secara geografis dan berdasarkan masakan. Negara yang dianggap Blue Zone di antaranya, Yunani, Italia, Kosta Rika, dan Jepang (karena memiliki pola makan yang sama).

Makanan yang Harus Dihindari untuk Berumur Panjang

Kebiasaan makan masyarakat di negara-negara Blue Zone tidak ada salahnya diterapkan di Indonesia, agar tubuh lebih sehat sehingga lebih berpotensi berumur panjang.

Dikutip dari Business Insider, berikut adalah beberapa makanan yang perlu dihindari jika ingin berumur panjang:

1. Makanan Olahan
Orang Jepang hingga Kosta Rika seringnya mengandalkan makanan utuh (tidak diolah). Sayuran, kacang-kacangngan, dan nasi lebih diutamakan daripada makanan fast food atau makanan siap saji.

Pasalnya, makanan siap saji biasanya penuh dengan tambahan gula, garam, lemak, dan pengawet.

Contoh makanan olahan yang dimaksud yakni mulai dari makanan ringan ataupun makanan kemasan. Semantara makanan ultra olahan yaitu pizza, kripik (snack), dan sejenisnya.

Makanan ultra-olahan dan sejenisnisnya itu telah dikaitkan dengan peningkatan risiko kematian dini, akibat penyakit jantung atau kanker.

2. Makanan dengan Gula tambahan
Menurut salah satu jurnal yang dimuat The American Journal of Clinical Nutrition, terlalu banyak makan-makanan manis bisa menyebabkan penambahan berat badan, masalah suasana hati, kondisi kulit, penyakit hati, risiko diabetes, dan penyakit jantung yang lebih tinggi.

Alih-alih mengkonsumsi makanan manis, penduduk Blue Zones cenderung suka mengemil makanan seperti kacang-kacangan, buah-buahan, karena kaya akan serat dan lemak sehat. Buah bisa jadi alternatif sehat untuk mendapatkan rasa manis alami.

3. Makanan Biji-bijian Berserat Tinggi
Walaupun pola makan orang Blue Zones terkenal tinggi karbohidrat, namun mereka lebih menyukai biji-bijian alami daripada biji-bijian olahan.

Dalam hal ini, untuk menghasilkan tekstur yang lebih pulen dan tahan lama, biji-bijian akan diproses. Hal ini akan membuat nutrisi (serat, vitamin, dan mineral) dihilangkan.

Makanan seperti roti putih, kue kering, pasta, adonan pizza, mampu memberikan kalori. Tapi manfaat nutrisi lainnya sedikit, yang bahkan mungkin merugikan kesehatan jantung.

4. Minuman Manis
Minuman manis seperti jus kemasan (biasanya banyak tambahan gula), soda, minuman berenergi dan sejenisnya merupakan salah satu sumber gula tambahan. Konsumsi tingkat tinggi minuman tersebut dikaitkan dengan risiko kanker dan penyakit berbahaya lainnya.

Berbeda dengan penduduk di Blue Zone, mereka sangat suka air biasa atau minuman yang tanpa pemanis.

Membatasi makanan-makanan tadi mungkin dikaitkan dengan umur panjang dan menurunkan risiko penyakit kronis, contohnya penyakit jantung, kanker, dan lainnya. Sehingga, kita bisa mencontoh pola makanan orang-orang Blue Zone.

Itulah tadi makanan yang sebaiknya dihindari agar berumur panjang ala penduduk di negara-negara Blue Zone. Baik diterapkan oleh masyarakat Indonesia juga agar menjadi lebih sehat.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "4 Makanan yang Perlu Dihindari agar Bisa Berumur Panjang"