Hagia Sophia

04 April 2024

Musim Mudik Segera Tiba, Ini Tips Agar Tidak Beser

Tips biar nggak beser saat mudik (Foto: Andhika Prasetia)

Musim mudik sudah di depan mata, problem klasik saat 'road trip' mulai harus diantisipasi. Bagaimana caranya biar nggak beser, mengingat restarea sering penuh?

Beser dan kebelet pipis saat melakukan perjalanan mudik tak cuma mengganggu aktivitas, kadang juga dapat menurunkan konsentrasi khususnya bagi pengemudi. Karena kekhawatiran tersebut, banyak orang yang akhirnya minum air dalam jumlah sedikit supaya nggak ngalamin kebelet pipis saat perjalanan mudik. Hal ini tentunya tidak disarankan oleh dokter karena dapat memicu terjadinya dehidrasi.

"Jangan pernah menghindari minum untuk menahan atau menghindari pipis. Kita malas minum karena takut kebelet pipis di jalan, nah itu jangan pernah. Jadi upayakan temen-temen tetap mengkonsumsi cairan dalam jumlah cukup untuk menghindari dehidrasi," jelas praktisi kesehatan RS Abdi Waluyo, dr Yuhana Fitria, SpPD, dalam perbincangan dengan detikcom baru-baru ini.

Menahan buang air kecil juga bisa memicu masalah ginjal seperti infeksi saluran kemih ataupun batu ginjal. Lantas bagaimana untuk menghindari kebelet pipis saat perjalanan mudik? Ternyata kita harus pintar-pintar dalam mengatur kebutuhan 2 liter cairan.

"Kita upayakan berhenti setiap 2 jam sebelum berjalan, temen-temen minum atau justru di tengah jalan, 1 jam sebelum sampai tempat pemberhentian bawa minum. Supaya nanti pada waktu singgah bisa buang air kecil," ucap dr Yuhana.

"Kalau saya pribadi, saya minum dulu di rest area atau di masjid karena gak lama kita akan pipis, jadi ketika mau berangkat kita sudah pipis terlebih dahulu, sudah kosong," sambungnya lagi.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Musim Mudik di Depan Mata, Catat Saran Dokter Biar Nggak Beser di Jalan"