Hagia Sophia

04 April 2024

Kebiasaan Ini Bisa Memicu Kanker Usus Besar di Usia Belia

Ilustrasi pasien kanker usus besar. (Foto: iStock)

Presenter Hilbram Dunar meninggal dunia akibat kanker usus besar di usia 48 tahun. Sebenarnya apa yang menjadi penyebab utama pasien kena kanker di usia relatif lebih muda?

Spesialis penyakit dalam dan konsultan hematologi onkologi medik, dr Faizal Drissa Hasibuan SpPD, KHOM menegaskan hal tersebut terjadi karena pola hidup yang kurang sehat.

"Sekarang kecenderungan usia kurang 50 tahun semakin banyak kasus kanker usus besar berkenaan dengan pola hidup yang kurang sehat," kata dr Faizal saat dihubungi detikcom, Minggu (31/3/2024).

Faktor risiko yang dapat menjadi pemicu kanker usus besar adalah karena beberapa kebiasaan pola hidup yang tidak baik. Hal ini seringnya diabaikan hingga pada akhirnya terlambat ditangani.

Beberapa pola hidup yang menjadi faktor risiko pemicu kanker usus besar menurut dr Faizal adalah sebagai berikut:
  • Pola diet yang kurang sehat
  • Mengalami obesitas
  • Konsumsi alkohol
  • Kebiasaan merokok
  • Kurangnya aktivitas fisik
Selain pola kebiasaan tidak baik, adanya faktor risiko lain seperti usia lanjut dan riwayat keluarga polip usus atau kanker bisa juga menjadi salah satu penyebabnya.

Kanker usus besar sama-sama bisa menyerang pria maupun wanita. Keduanya sama-sama memiliki kemungkinan terkena kanker, jika menjalani hidup yang tidak sehat dan memiliki riwayat kanker yang sama.

"Risiko terkena kanker usus besar pada pria maupun wanita tidak berbeda," kata dr Faizal.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kebiasaan yang Tak Disadari Picu Kanker Usus Besar di Usia Muda"