Hagia Sophia

18 May 2024

Arne Slot Akan Jadi Manajer Baru Liverpool Musim Depan

Arne Slot akan melatih Liverpool musim depan. (Foto: REUTERS/Russell Cheyne)

Arne Slot mengonfirmasi akan melatih Liverpool musim depan. Berikut profil manajer baru The Reds itu.

Arne Slot mengumumkannya pada Jumat (17/5/2024). Pria 45 tahun itu akan melatih Si Merah musim depan.

"Saya bisa memastikan akan melatih di sana musim depan," katanya.

Feyenoord sudah mengonfirmasi kepergian Arne Slot lewat media sosialnya. Sementara itu, rumor menyebut sang pelatih juga sudah meneken kontrak bersama Liverpool.

Arne Slot akan meneruskan pekerjaan Juergen Klopp. Manajer asal Jerman itu memutuskan hengkang usai sembilan tahun melatih di Anfield, dengan bisa mempersembahkan semua trofi di Liverpool; dari Liga Inggris, Liga Champions, Piala Super Eropa, Piala Dunia Antarklub, Piala FA, hingga Piala Liga Inggris

Siapa Arne Slot?

Arne Slot, yang pensiun sebagai pemain pada 2013, memulai karier kepelatihan profesionalnya tak lama berselang. Ia awalnya menjadi staf PEC Zwolle, sebelum direkrut Cambuur.

Pada 2017, Arne Slot kemudian menjadi manajer interim Cambuur bersama Spike Hulshoff, usai Robert Maas dipecat. Slot dan Hulshoff menangani Cambuur, yang saat itu masih di Eerste Divisie, dan membuat capaian besar.

Keduanya bisa menyelamatkan tim dari peringkat 14 jadi finis ketiga, bahkan nyaris promosi ke Eredivisie andai tak kalah di playoff. Slot juga turut membawa tim ke semifinal Piala KNVB, namun kalah dari Ajax.

Slot kemudian pindah ke AZ Alkmaar pada 2017, masih menjadi asisten pelatih di bawah arahan John van den Brom. Pada musim 2019/2020, ia resmi promosi menjadi pelatih utama, dan bisa membawa timnya bersaing dengan Ajax di Eredivisie. AZ hanya kalah selisih gol dari Ajax di akhir musim, meski tak ada status juara karena liga disetop pada masa pandemi COVID-19.

Arne Slot kemudian dipecat karena diketahui bernegosiasi dengan Feyenoord, dan akhirnya melatih tim asal Rotterdam itu mulai musim 2021/2022. Di tahun pertamanya, ia bisa membawa tim ke final UEFA Conference League, namun dikalahkan AS Roma. Sementara di liga, ia membawa tim finis ketiga.

Semusim berikutnya, Slot langsung membawa gelar juara Liga Belanda ke Feyenoord. Timnya menjuarai Eredivsie 2022/2023, dan memenangkan gelar Rinus Michels untuk kedua kalinya.

Musim ini, Arne Slot masih membuktikan prestasi tangan dinginnya. Ia bisa membawa Feyenoord menjadi runner up Eredivisie, dan memenangkan Piala KNVB musim 2023/2024.

Trofi itu akhirnya menjadi kado perpisahan Arne Slot di Feyenoord. Selanjutnya, akan memulai petualangan baru bersama Liverpool di Liga Inggris.


























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Profil Arne Slot, Manajer Baru Liverpool Musim Depan"