Hagia Sophia

29 January 2023

Dalam 4 Bulan Saykoji Berhasil Pangkas BB Hingga 20 Kg

Perjalanan diet Igor Saykoji. (Foto: Instagram/ @saykoji)

Rapper kondang Indonesia Ignatius Rosoinaya Penyami atau kerap disapa Igor Saykoji (39) berhasil memangkas bobot tubuhnya hingga sebanyak 20 kilogram (kg). Penurunan BB tersebut sukses diperolehnya dalam empat bulan.

Melalui akun Instagramnya, ia membagikan potret bersama dokter gizinya, dr Feni Nugraha,MARS,MGz,SpGK. Perjalanan diet Igor juga tidak terlepas dari peran sang istri, Tessy Penyami.

"Thank you @drfeninugraha.spgk for helping me through my journey (emoji tangan)," tulis Igor dalam akun Instagramnya @saykoji, Kamis (26/1/2023).

"Thank you @tessypenyami for arranging the 1st meet (emoji cium). OKT '22 140 KG - JAN '23 120 KG," sambung keterangan tersebut.

Diketahui, Igor melakukan diet ini sejak 5 Oktober 2022. Selain didampingi dokter gizi, Igor juga melakoni berbagai macam olahraga seperti angkat beban dan kardio.

Meski berat badannya sudah turun drastis, Igor belum merasa puas karena masih jauh dari harapannya. Meski demikian, ia merasa senang karena tubuhnya kini lebih bugar dan sehat.


Tips Diet dr Feni

Dalam kesempatan terpisah, dokter gizi yang menangani Igor, dr Feni pernah membocorkan tips diet. Dituturkan dr Feni, kunci diet yaitu tergantung pada komitmen, disiplin, dan motivasi yang berasal dari diri sendiri.

"Yang pertama pasti harus komitmen, yang kedua disiplin, terus mungkin harus ada sesuatu yang memotivasi kita, diri sendiri supaya semangat nih dietnya," kata dr Feni beberapa waktu lalu.

dr Feni menambahkan, biasanya motivasi-motivasi baik jangka pendek maupun jangka panjang bisa menjadi penyemangat untuk konsisten dalam diet yang dijalaninya. Terlebih, jika berat badan pasien masuk ke dalam kategori obesitas yang memicu berbagai macam penyakit.

"Untuk jangka panjang ini sering banget pasien datang ke aku terutama kalau obesitas, ini biasanya ada penyakitnya. Ada fatty liver, kolesterol tinggi, terus ada asam urat, ada diabetes, ada penyakit darah tinggi," kata dr Feni.

"Nah, biasanya aku itu jadi kayak memotivasi pasien yuk kita diet turun berat badan supaya makin sehat," lanjutnya.

Alih-alih memiliki tubuh ramping, dr Feni mengungkapkan bahwa tujuan diet adalah agar tubuh lebih sehat. Sementara, badan langsing adalah bonus.

"Jadi tujuannya tuh yang pertama sehat pasti terus bonusnya ya dapat langsing," kata dr Feni.

"Ketika mereka ngerti dan paham makanan apa yang boleh, mereka tuh lebih gampang buat ngejalaninnya," bebernya.























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kisah Diet Saykoji, Berhasil Pangkas BB Hingga 20 Kg dalam 4 Bulan"