Hagia Sophia

29 January 2023

Makanan yang Baik Dikonsumsi untuk Bersihkan Lendir di Paru-paru

Sejumlah makanan diklaim bisa membersihkan lendir berlebihan di paru-paru dan tenggorokan secara alami. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Natali_Mis)

Lendir yang menumpuk di paru-paru bisa menimbulkan rasa tidak nyaman. Selain menyebabkan batuk yang tak kunjung berhenti, bila dibiarkan begitu saja, kondisi ini berpotensi menyebabkan komplikasi.

Secara umum, lendir memang berguna bagi tubuh untuk menjaga area tertentu agar tidak kering dan membantu melawan virus atau bakteri yang masuk ke dalam tubuh.

Infeksi dan alergi dapat menjadi penyebab adanya penumpukan lendir dalam tubuh, khususnya di area paru-paru dan dada.

Berikut adalah sejumlah makanan yang dapat dikonsumsi untuk membersihkan lendir dari paru-paru, dikutip dari NDTV.

1. Jahe
Jahe dapat digunakan sebagai bahan alami untuk mengencerkan lendir yang membandal. Mengonsumsi jahe dapat membantu meringankan penyumbatan pada area dada yang disebabkan oleh lendir, juga mendorong pengeluaran lendir dari tubuh.

Teh jahe dapat menjadi salah satu pilihan yang efektif untuk mengeliminasi sisa-sisa lendir dalam tubuh.

2. Cabai
Batuk berlebih dan lendir yang menumpuk dapat diatasi dengan bantuan cabai cayenne. Cabai ini mengandung capscaisin yang dapat membantu mengencerkan lendir.

3. Bawang putih
Bawang putih dapat menjadi bahan alami yang dapat membantu mengencerkan dahak. Kandungan antimikroba yang ada dalam bawang putih dapat turut membantu tubuh melawan infeksi.

4. Nanas
Buah satu ini memiliki kandungan enzim bromelain. Enzim ini diyakini dapat menghasilkan zat yang dapat mencegah terjadinya inflamasi dan peradangan pada tubuh, termasuk pada sistem pernapasan seperti asma dan alergi. Nanas juga mengandung kandungan mukolitik yang dapat membantu mengencerkan lendir.

5. Bawang bombay
Bawang bombay terbukti dapat membantu mengatasi flu, batuk, demam, radang tenggorokan, hingga meningkatkan imunitas. Cukup rendam bawang bombay parut dalam air selama 6 sampai 8 jam.

Di samping itu, minum air rendaman tersebut secara rutin untuk membantu mengencerkan dan mengeluarkan dahak atau lendir yang membandel.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "5 Makanan untuk Bersihkan Lendir di Paru-paru, Gampang Dicari di Dapur!"