Hagia Sophia

29 January 2023

Sejak Usia 13 Tahun Nick Jonas Idap Diabetes Tipe 1, Ini Gejalanya

Aktor Nick Jonas idap diabetes tipe 1. (Foto: Instagram)

Pada peringatan hari diabetes sedunia lalu, Nick Jonas memanfaatkan Instagram pribadinya sebagai wadah untuk menyebarkan edukasi mengenai diabetes.

Melalui sebuah video, ia menjelaskan empat tanda yang ia rasakan sebelum akhirnya didiagnosis diabetes tipe 1 sembari menggaungkan tagar #SeeTheSigns atau ajakan untuk lebih sadar akan gejala diabetes.

Tanda-tanda tersebut meliputi penurunan berat badan, rasa haus yang berlebih, sering buang air kecil, dan perubahaan pada emosinya.

"Saya membagikan tanda-tanda yang saya rasakan agar orang lain juga bisa melihat tanda-tandanya #SeeTheSigns," tulis suami Priyanka Chopra itu dalam unggahannya.

Dalam sebuah wawancara dengan organisasi yang ia dirikan, yaitu Beyond Type 1, ia menjelaskan pengalamannya ketika pertama kali meminta orang tuanya untuk membawanya ke rumah sakit.

"Saya ingat saya mengatakan pada orang tua saya bahwa saya perlu ke dokter, ada sesuatu yang tidak beres. Mereka sudah melihat ada penurunan berat badan yang signifikan dan gejala lainnya, sehingga mereka membawa saya ke dokter," ucapnya.

Pada saat mendengar dirinya mengidap diabetes tipe 1, Nick mengaku merasa terpukul. Namun, ia merasa pengalaman itulah yang menjadi titik awal perjalanan hidupnya.

Dikutip dari Healthline, Dr Ricardo Correa dari The University of Arizona College of Medicine mengatakan bahwa diabetes tipe 1 memang umum ditemukan pada anak muda. Sekitar 85% kasus gejala awal terjadi pada anak berusia 2 sampai 14 tahun.

Gejala awal diabetes tipe 1 terdiri atas:
  • Sering buang air kecil
  • Penurunan berat badan tanpa penyebab yang jelas
  • Mudah merasa lapar dan haus
  • Mudah merasakan lelah
  • Luka pada kulit cenderung sembuh dalam waktu yang lebih lama dari biasanya





















Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Nick Jonas Idap Diabetes Tipe 1 Sejak Usia 13 Tahun, Ini Gejala yang Dikeluhkan"