Hagia Sophia

18 March 2023

Beberapa Cara untuk Kecilkan Perut Buncit pada Wanita

Cara mengecilkan perut buncit agar langsing. Foto: Getty Images/iStockphoto/ljubaphoto

Perut buncit menjadi salah satu masalah krusial dan sangat dihindari oleh wanita. Selain mengindikasikan adanya gangguan kesehatan, perut buncit juga sangat mengganggu penampilan.

Namun tak perlu khawatir, ada berbagai cara ampuh mengecilkan perut buncut pada wanita yang sehat dan praktis. Cara ini bisa dijalankan sambil berkonsultasi pada dokter bila perlu dan menerapkan pola hidup sehat.

Cara Mengatasi Perut Buncit pada Wanita

Dilansir dari laman healthline.com, berikut beberapa tips untuk mengecilkan perut buncit dengan mudah dan alami:

1. Konsumsi makanan yang mengandung serat
Penelitian menunjukkan, jika mengonsumsi makanan yang banyak mengandung serat dapat membantu menurunkan berat badan karena dapat melancarkan pencernaan dan membantu kamu merasa kenyang.

Terlebih lagi, Sebuah penelitian observasional yang melibatkan lebih dari 1.100 orang dewasa menemukan bahwa untuk setiap 10g peningkatan asupan serat, penambahan lemak perut berkurang 3,7% selama 5 tahun.

Berikut jenis makanan yang mengandung serat:
  • Buah-buahan
  • Sayur-sayuran
  • Kacang-kacangan
  • Gandum
  • Barli
2. Hindari makanan yang mengandung lemak trans
Makanan yang mengandung lemak trans dibuat dengan memompa hidrogen ke dalam lemak tak jenuh, seperti minyak kedelai, segala jenis kue, macam-macam keripik, hingga segala macam jenis makanan fast food.

Selain membuat perut buncit dan menambah berat badan, makanan yang mengandung lemak trans dapat menyebabkan penyakit jantung, resistensi insulin, stroke hingga diabetes.

Nah, untuk membantu mengurangi lemak perut, kalian bisa membaca label bahan makanan dengan cermat dan jauhi produk yang mengandung lemak trans. Lemak ini umumnya dicantumkan sebagai lemak terhidrogenasi parsial.

3. Konsumsi makanan yang tinggi protein
Makanan yang tinggi protein sangat baik untuk menjaga berat badan. Asupan protein yang tinggi meningkatkan pelepasan hormon kenyang yang dapat mengurangi nafsu makan dan meningkatkan rasa kenyang.

Selain itu, protein juga dapat meningkatkan laju metabolisme dan membantu kamu mempertahankan massa otot selama penurunan berat badan. Berikut jenis makanan yang mengandung protein tinggi:
  • Daging
  • Ikan
  • Telur
  • Susu
  • Protein whey
  • Kacang-kacangan.
4. Kurangi tingkat stress
Stres dapat membuat kamu mendapatkan lemak perut dengan memicu kelenjar adrenal untuk memproduksi kortisol, yang juga dikenal sebagai hormon stres.

Penelitian juga menunjukkan bahwa kadar kortisol yang tinggi meningkatkan nafsu makan dan mendorong penyimpanan lemak perut. Terlebih lagi, wanita yang sudah memiliki pinggang besar cenderung memproduksi lebih banyak kortisol sebagai respon terhadap stres.

Peningkatan kortisol ini semakin menambah lemak di sekitar bagian perut. Nah, untuk membantu mengurangi lemak perut, kalian bisa melakukan aktivitas yang dapat menghilangkan stres. Misalnya seperti yoga ataupun meditasi.

5. Kurangi Konsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula
Gula mengandung fruktosa, yang terkait dengan beberapa penyakit kronis jika dikonsumsi secara berlebihan. Misalnya seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan penyakit hati berlemak.

Dan studi observasional sendiri menunjukkan hubungan antara asupan gula yang tinggi dan peningkatan lemak perut.

Nah detikers, penting untuk kalian sadari bahwa mengonsumsi gula berlebihan dapat menyebabkan penambahan lemak perut. Bahkan gula alami sendiri seperti madu asli, harus digunakan secukupnya.

Untuk mengurangi lemak di perut, kalian bisa mengurangi konsumsi minuman yang mengandung gula seperti soda, teh manis, minuman kaleng, dan lainnya.

6. Lakukan olahraga aerobik (kardio)
Latihan aerobik (kardio) adalah cara yang efektif untuk meningkatkan kesehatan dan membakar kalori. Penelitian juga menunjukkan bahwa ini bisa menjadi bentuk latihan yang efektif untuk mengurangi lemak perut.

Kalian bisa melakukan latihan aerobik sebanyak 300 menit perminggu atau 45 menit per harinya untuk mengurangi kalori dan mendapatkan tampilan tubuh yang proporsional.

7. Kurangi Karbohidrat
Mengurangi asupan karbohidrat bisa sangat bermanfaat untuk menghilangkan lemak, termasuk lemak perut. Faktanya, diet rendah karbohidrat dapat menyebabkan hilangnya lemak perut pada orang yang kelebihan berat badan, penderita diabetes tipe 2, hingga penderita sindrom ovarium polikistik (PCOS).

Detikers tidak harus mengikuti diet rendah karbohidrat yang ketat, kalian cukup mengganti karbohidrat olahan (tepung) dengan karbohidrat yang tidak diproses (kentang) dapat meningkatkan kesehatan metabolisme dan mengurangi lemak perut.

Dalam Framingham Heart Study, orang dengan konsumsi biji-bijian utuh tertinggi 17% lebih kecil kemungkinannya untuk memiliki lemak perut berlebih dibandingkan mereka yang mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat olahan.

8. Tidur yang cukup
Ternyata, tidur merupakan hal yang penting untuk banyak aspek kesehatan, termasuk berat badan. Studi menunjukkan, kurang tidur dapat dikaitkan dengan risiko obesitas yang lebih tinggi dan peningkatan lemak perut.

Untuk itu, kalian harus tidur yang cukup setidaknya 7 jam dalam sehari untuk dapat menjaga berat badan. Ohya, selain harus tidur yang cukup, kalian harus tidur yang baik dan berkualitas ya detikers!

Untuk kamu yang menderita sleep apnea atau gangguan tidur lainnya, kalian harus berkonsultasi dengan dokter tentang pilihan pengobatan ya detikers.

9. Kurangi konsumsi alkohol
Penelitian menunjukkan bahwa terlalu banyak minum alkohol dapat menyebabkan penambahan lemak perut dan memperlebar daerah pinggang. Nah, dengan mengurangi konsumsi alkohol dapat membantu kamu mengurangi ukuran pinggang dan menurunkan jumlah lemak yang menumpuk.

10. Lakukan intermittent fasting
Puasa intermiten baru-baru ini menjadi sangat populer sebagai metode penurunan berat badan. Ini adalah pola makan yang berselang-seling antara periode makan dan periode puasa.

Untuk melakukannya, kalian bisa berpuasa setiap hari selama 16 jam dan makan semua makanan kalian inginkan dalam jangka waktu 8 jam. namun tetap harus menjaga kualitas makanannya ya detikers!

11. Minum teh hijau
Teh hijau adalah salah satu minuman yang sangat manjur jika kalian ingin diet. Pasalnya, teh hijau mengandung kafein dan antioksidan epigallocatechin gallate (EGCG), yang dapat meningkatkan metabolisme.

Nah, jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal, kalian bisa barengi konsumsi teh hijau dan juga olahraga yang teratur ya detikers!

Penyebab Perut Buncit pada Wanita

Membicarakan cara mengatasi perut buncit pada wanita, tentu tak lengkap jika tidak negetahui penyebabnya. Selain masalah kesehatan, berikut beberapa faktor lazim yang mengakibatkan perut buncit:

1. Setelah makan
Umumnya, perut akan menjadi buncit setelah makan apabila belum diolah sepenuhnya. Sehingga lemak jadi menumpuk di perut. Apalagi kalau kamu langsung tidur setelah makan, jadi jangan seperti itu ya detikers.

2. Kandungan gas dalam makanan
Ternyata, makanan yang mengandung gas seperti sayur kol dan brokoli bisa membuat perut buncit loh. Namun jangan panik dulu, perut akan kembali normal setelah efek gas tersebut sudah hilang.

3. Peningkatan berat badan
Nah, jika kamu mengalami penambahan berat badan, umumnya akan mengalami perut buncit karena adanya tambahan lemak dalam tubuh.

Menumpuknya lemak dalam tubuh bisa disebabkan oleh berbagai hal, di antaranya:
  • tidak teraturnya pola dan waktu makan
  • stress tingkat tinggi
  • memakan makanan yang tidak sehat
  • jarang bergerak aktif
  • mengonsumsi alkohol yang berlebihan.
4. Bakteri
Perut manusia lazimnya diisi oleh bakteri yang banyak untuk memberikan manfaat kesehatan, salah satunya melancarkan pencernaan. Namun, ada juga beberapa jenis bakteri jahat yang jika terlalu banyak dapat menyebabkan perut buncit.

5. Genetik
Perut buncit juga bisa terjadi akibat faktor genetik yang membuat reaksi tubuh sulit mengolah lemak dan gula, sehingga bila menumpuk di perut dapat mengakibatkan buncit.

Jadi, itu dia cara mengecilkan perut buncit pada wanita yang ingin tampil lebih baik dan sehat. Untuk mendapatkan hasil yang sempurna, kalian harus konsisten melakukan tips-tips di atas ya detikers! Semoga bermanfaat.

























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "11 Cara Ampuh Mengecilkan Perut Buncit pada Wanita, Praktis dan Alami!"