Hagia Sophia

18 March 2023

Tips untuk Obati Cantengan di Rumah dan Medis

Ilustrasi cantengan. Foto: Mehrdad Jiryaee/Unsplash

Cantengan yang dalam bahasa medis disebut onikokriptosis atau unguis incarnatus adalah infeksi bakteri dan jamur di sekitar kuku. Infeksi inilah yang akhirnya mengakibatkan luka.

Ingrow toenail atau cantengan mengakibatkan bengkak, nyeri dan warna kemerahan di jari. Kondisi ini menganggu kegiatan sehari-hari bila tidak ditangani. Berikut cara mengobati cantengan

Cara Mengobati Cantengan dari Rumah dan Secara Medis

Cantengan dapat diobati dari rumah dengan cara yang terbilang cukup mudah. Tentunya wajib segera ke dokter bila catengan tak juga membaik, atau justru makin parah.

Dikutip dari BYRDIE, Healthline dan MedicalNewsToday begini cara mengobati cantengan dari rumah:

Merendam dengan air hangat dan cuka apel
Merendam jari dengan air hangat dan cuka apel dapat membantu menghilangkan bengkak dan rasa sakit pada bagian yang terinfeksi. Lakukan selama 20 menit dengan kondisi air yang dipakai dalam keadaan hangat.

Merendam dengan air sabun hangat dan garam epsom
Sama seperti point di atas merendam cantengan dengan air sabun hangat dan garam epsom dapat membantu menghilangkan bengkak dan meredakan nyeri.

Menggunakan petroleum jelly
Setelah direndam keringkan menggunakan kain steril dan oleskan petroleum jelly kebagian yang terinfeksi setelah itu di perban.

Minum obat pereda nyeri
Saat terinfeksi salah satu gejala yang ditimbulkan adalah nyeri. Untuk mengurangi rasa nyeri tersebut kamu bisa meminum obat pereda nyeri yang dijual bebas seperti paracetamol, ibuprofen atau acetaminophen.

Menggunakan irisan lemon
Lemon diiris tipis lalu diletakkan pada letakan pada cantengan. Ikat atau perban agar lemon tidak terlepas.

Menggunakan salep cantengan
Salep cantengan ampuh untuk membasmi jamur penyebab cantengan.

Operasi
Dikutip dari Kemenkes operasi diperlukan Jika abses sudah terbentuk dan menyebabkan bengkak di jari yang terinfeksi sudah sangat besar. Operasi diperlukan untuk membuang nanah yang menumpuk.

Prosedurnya adalah:
  • Sebelum dokter bedah melakukan operasi, jari pasien akan dibius terlebih dahulu.
  • Setelah bius diberikan, dokter akan membuat irisan pada abses agar nanah bisa dibuang.
  • Pada kondisi kuku yang sedikit tumbuh ke dalam (cantengan), dokter kemudian mengangkat sebagian atau seluruh kuku tersebut.
Dikutip dari situs cleveland clinic cantengan memiliki 2 jenis dengan gejala yang nyaris sama. Berikut penjelasannya

Jenis Cantengan

Cantengan akut
Gejala cantengan akut muncul selama berjam-jam atau beberapa hari. Infeksi hanya terjadi pada lipatan kuku dan tidak meluas ke dalam jari tangan atau kaki. Gejalanya dapat hilang dengan pengobatan dari rumah. Cantengan akut disebabkan oleh bakteri Bakteri Staphylococcus aureus atau Streptococcus pyogenes.

Cantengan kronis
Gejala cantengan kronis berkembang lebih lambat daripada cantengan akut, dan biasanya berlangsung enam minggu atau lebih. Beberapa jari tangan atau kaki dapat terinfeksi sekaligus. cantengan kronis yang biasanya disebabkan jamur Candida atau bakteri lain.

Gejala Cantengan

  • Nyeri, bengkak, dan nyeri di sekitar kuku.
  • Kulit yang merah dan hangat saat disentuh.
  • Nanah yang menumpuk di bawah kulit.
Cara mencegah Cantengan

Untuk mencegah cantengan menginfeksi kembali berikut hal-hal yang dapat kamu terapkan.
  1. Hindari kebiasaan menggigit kuku atau mencungkil kulit di sekitar kuku.
  2. Jangan menggunakan kuku palsu untuk waktu yang lama
  3. Berhati-hati untuk tidak memotong kuku terlalu pendek. Saat memotong kutikula, hindari memotong terlalu dekat dengan lipatan kuku.
  4. Jaga kebersihan jari dan kuku dengan mencuci tangan. Gunakan sabun atau disinfektan yang tidak mengiritasi kulit anda.
  5. Gunakan lotion pada lipatan kuku dan kutikula jika kulit kering. Kekeringan yang berlebihan dapat menyebabkan kulit pecah-pecah.
  6. Kenakan sarung tangan kedap air jika Anda bekerja dengan bahan kimia atau tangan Anda akan basah dalam waktu lama.
Itulah 7 cara mengobati cantengan yang dapat kamu coba di rumah dan secara medis. Jika gejala tidak kunjung sembuh jangan lupa untuk langsung pergi ke ahlinya.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "7 Cara Mengobati Cantengan dari Rumah dan Secara Medis"