Hagia Sophia

18 March 2023

Haid Tidak Teratur? Coba Konsumsi Makanan Berikut Ini

Foto: Getty Images/iStockphoto

Haid atau menstruasi adalah hal yang dialami oleh remaja hingga dewasa. Siklus haid yang tidak lancar bisa jadi adalah tanda adanya masalah dalam tubuh. Ada banyak cara melancarkan haid agar kembali teratur.

Cara melancarkan haid yang pertama adalah melalui kebiasaan berperilaku hidup sehat. Cara lainnya yaitu dengan mengonsumsi makanan yang dapat memperlancar haid.

Apa Itu Haid Tidak Teratur?

Dilansir dari Medical News Today, haid atau menstruasi memiliki siklus atau periode tertentu setiap bulannya. Siklus haid biasanya antara 21 hingga 35 hari, tetapi rata-rata wanita mengalami siklus 28 hari.

Haid tidak teratur terjadi ketika siklusnya lebih pendek di bawah 21 hari atau lebih panjang dari 35 hari. Haid yang teratur membuat kita lebih mudah memprediksi kapan datang bulan.

Bagi wanita yang melakukan program hamil, tentu hal ini sangat penting untuk mengetahui masa produktifnya, sehingga dapat terjadi pembuahan.

Cara Melancarkan Haid dengan Kebiasaan

Haid tidak teratur bisa jadi karena beberapa sebab, seperti tingkat stres, kelelahan, menopause, alat kontrasepsi KB dan beberapa penyakit. Berikut ini 7 cara melancarkan haid dengan kebiasaan hidup sehat.

1. Kurangi Stres
Stres menjadi penyebab yang banyak membuat orang mengalami haid tidak teratur. Untuk mengurangi stres, tentu kamu harus mengetahui pemicu stresnya.

Upayakan kamu bisa mengelola stres dengan baik, karena ini akan berpengaruh banyak terhadap kesehatanmu.

2. Istirahat Cukup
Istirahat yang cukup dan berkualitas bermanfaat untuk banyak hal, termasuk melancarkan haid. Kurang istirahat membuat kinerja organ tubuh menjadi tidak optimal.

3. Bermeditasi
Meditasi pada dasarnya adalah tindakan untuk memperoleh ketenangan, sehingga mereduksi stres. Caranya sangat sederhana, cukup mencari tempat yang tenang dan nyaman, duduk dengan rileks, bernapas dalam-dalam dan fokus dengarkan suara napas kamu.

4. Yoga
Yoga adalah olahraga meditatif yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan fisik dan jiwa. Untuk pemula, disarankan untuk melatih yoga dengan instruktur, selanjutnya dapat dilakukan sendiri di rumah. Yoga bisa menjadi sarana efektif untuk melancarkan menstruasi.

5. Olahraga Teratur dan Wajar
Berolahraga teratur tentu baik untuk kesehatan. Latihan aerobik juga baik untuk menangani masalah menstruasi.

Namun frekuensi olahraga jangan membuat kamu terlalu lelah. Olahraga dengan intensitas tinggi justru mengganggu siklus menstruasi. Bahkan olahraga ekstrem bisa menghentikan menstruasi.

6. Menjaga Berat Badan Ideal
Perubahan berat badan bisa mempengaruhi siklus menstruasi. Jagalah berat badan kamu agar tetap ideal. Tubuh yang terlalu kurus maupun terlalu gemuk akan membuat haid tidak teratur. Kelebihan berat badan pun akan menimbulkan banyak penyakit lain.

7. Konsumsi Vitamin D
Vitamin D dapat membantu penyerapan kalsium di usus, yang baik untuk kesehatan tulang dan mengatur ovulasi. Mengonsumsi suplemen vitamin D dan kalsium, bersama metformin, dapat membantu memperlancar haid bagi penderita PCOS.

Cara Melancarkan Haid dengan Mengonsumsi Makanan

Cara melancarkan haid selain dengan kebiasaan sehat, juga bisa dengan mengonsumsi makanan tertentu. Berikut ini beberapa makanan yang dapat melancarkan haid.

1. Pepaya Mentah
Pepaya mentah bisa digunakan untuk meningkatkan kontraksi rahim dan mengatur menstruasi. Pepaya mentah bisa diminum dalam bentuk jus, tetapi minumlah saat tidak haid.

2. Nanas
Nanas mengandung enzim bromelain yang dapat mengurangi peradangan. Salah satu penyebab haid tidak teratur adalah peradangan. Meski demikian, masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk membuktikan hubungan nanas dengan haid.

3. Teh Jahe
Jahe baik dikonsumsi untuk menyembuhkan banyak hal, salah satunya melancarkan haid agar kembali teratur.

Jahe memiliki kandungan gingerol yang membantu menurunkan peradangan. Herbal ini dapat membantu kontraksi otot rahim dan menyeimbangkan hormon.

4. Cuka Sari Apel
Minum cuka sari apel juga dapat mengatur menstruasi dan hormon pada wanita dengan sindrom ovarium polikistik. Cuka sari apel juga dapat menurunkan berat badan dan menurunkan kadar gula darah dan insulin.

5. Kunyit
Kamu bisa gunakan kunyit di dapur untuk mengatur menstruasi yang tidak teratur. Campurkan kunyit pada minumanmu untuk mendapatkan efek yang baik bagi kesehatan.

6. Lidah Buaya
Jus lidah buaya atau aloe vera merupakan obat yang baik untuk melancarkan haid sekaligus mengurangi kelebihan berat badan. Lidah buaya juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan memperbaiki sistem usus agar tetap sehat.

Nah, itulah tadi 13 cara melancarkan haid yang tidak teratur secara alami. Cara di atas terdiri dari 7 cara melalui kebiasaan sehat maupun dengan mengonsumsi 6 makanan untuk melancarkan haid. Semoga bermanfaat.























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "13 Cara Melancarkan Haid Tidak Teratur dengan Kebiasaan dan Makanan"