Hagia Sophia

18 April 2023

Tips Minum Obat di Saat Bulan Puasa Menurut Dokter

Waktu yang tepat untuk minum obat saat berpuasa. (Foto ilustrasi: iStock)

Berpuasa di bulan Ramadan merupakan kewajiban bagi umat muslim. Saat berpuasa, umat muslim dibatasi untuk mengkonsumsi makanan dan minuman selama kurang lebih 14 jam setiap harinya.

Pola makan dan minum saat berpuasa, tentu akan berubah. Misalnya, saat hari biasa mengkonsumsi makanan tiga kali sehari. Namun, sebagian orang hanya mengkonsumsi makan sahur dan buka puasa saja.

Tak sedikit orang yang tetap melaksanakan puasa, meskipun dirinya dalam keadaan sakit dan harus mengkonsumsi obat untuk kesembuhannya. Selain itu, minum obat juga bisa membantu aktivitas puasa lebih nyaman. Namun, saat berpuasa kita perlu mengatur waktu yang tepat untuk minum obat.

"Pada malam hari, biasanya obat-obat kolesterol itu disarankan untuk minum pada malam hari, pada waktu tidur karena obat kolesterol itu bekerja pada waktu kita beristirahat," kata dr Aru Ariadno, SpPD KGEH dari Rumah Sakit Brawijaya Depok saat ditemui detikcom beberapa waktu lalu.

Beberapa jenis obat kolesterol bekerja paling baik saat malam hari, tetapi ada juga obat yang bisa diminum pada pagi hari. Maka dari itu, waktu minum obat kolesterol tergantung dari jenis obat yang diminum.

Menurut dr Aru, obat kolesterol paling baik dikonsumsi saat malam hari karena konsentrasi kolesterol total dan lipoprotein densitas rendah secara signifikan lebih besar ketika pengidap kolesterol mengkonsumsi obatnya saat sahur.

Sebelum mengkonsumsi obat kolesterol, perlu untuk mengikuti petunjuk dan anjuran dokter. Hal ini penting dilakukan untuk mencegah terjadinya gangguan pada cara kerja obat dan memastikan bahwa pengobatan dapat memberikan hasil yang efektif.

Maka dari itu, dr Aru menyarankan pengidap kolesterol untuk kontrol ke rumah sakit. Hal ini berkaitan dengan pemberitahuan mengkonsumsi makanan yang tepat, dosis obat yang dikonsumsi dan cara mengkonsumsi obat kolesterol yang baik dan benar.

"Sambil kontrol ke dokter untuk kadar dari kolesterol, apa perlu pengobatan atau tidak," ungkapnya.































Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Khusus Pengidap Kolesterol, Catat Waktu yang Tepat Minum Obat saat Puasa"