Hagia Sophia

18 April 2023

TNI-AL Fasilitasi Pemudik Sepeda Motor Pakai Kapal Perang ke Semarang dan Surabaya

Mudik gartis dengan Kapal Perang KRI Banjarmasin 592 (Belia Permata Sari/detikcom)

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Muhammad Ali melepas ratusan pemudik sepeda motor yang menggunakan kapal perang KRI Banjarmasin-592 dari Tanjung Priok, Jakarta Utara. Ali mengatakan adanya mudik gratis bagi sepeda motor ini dapat mengurangi angka kecelakaan.

Pantauan detikcom di Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara pada Selasa (18/4/2023) pukul 07.40 WIB, Ali yang mengenakan baju seragam loreng hitam memasuki kapal tersebut untuk meninjau para pemudik di dalamnya.

Ali didampingi oleh Ketua BAZNAS RI Noor Achmad, Walikota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim, dan beberapa jajaran TNI AL menyapa para pemudik dan melihat kesiapan dari kapal mudik tersebut.

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Muhammad Ali melepas ratusan pemudik sepeda motor yang menggunakan kapal perang KRI Banjarmasin-592 dari Tanjung Priok, Jakarta Utara. Foto: Belia Permata Sari/detikcom.

Pada pukul 08.10 WIB, Ali secara simbolis melepas para pemudik untuk berangkat ke kampung halamannya masing-masing.

"Mudik gratis Ini juga dalam rangka membantu pemerintah untuk mengurangi angka kecelakaan di jalan khususnya pada pemudik yang menggunakan sepeda motor,"kata Ali saat sambutan di Kolinlamil, Jakarta Utara, Selasa (18/4).

"Karena kalau dengan menggunakan kapal, motornya bisa diparkir saja dalam kapal, sedangkan pemudiknya bisa istirahat, ya satu hari besok udah sampai di Semarang, kemudian dari Semarang lanjut ke Surabaya," lanjutnya.

Ali mengatakan terdapat 861 pemudik yang ikut dalam kapal perang ini. Dengan jumlah sepeda a motor sebanyak 260.

"Bahwa ada sekitar 861 pemudik yang akan ikut bersama KRI Banjarmasin ini menuju rute ke Semarang dan Surabaya, kemudian dari 861 itu ada 52 Balita kemudian mereka membawa motor sejumlah 260 motor," ungkapnya.

Ali mengungkapkan, pihaknya juga akan meyiapkan kapal pada dasar arus balik mudik lebaran. Arus balik akan dilaksanakan pada tanggal 25 April dari Surabaya dan 26 April dari Surabaya.

"Dan nanti kita juga akan menyiapkan arus baliknya dari Surabaya tanggal 25 kemudian dari Semarang tanggal 26 akan kembali," pungkasnya.

Diketahui Program mudik gratis kapal perang 2023 diadakan oleh TNI Angkatan Laut (AL). Program mudik gratis yang diselenggarakan Kolinlamil TNI AL ini mengusung tema 'Mudik Asyik Gratis...! Naik Kapal Perang Bagi Pengguna Sepeda Motor".

Program mudik gratis 2023 via kapal perang TNI AL ini berlaku baik bagi pengguna sepeda motor maupun tidak. Adapun rute perjalanan program ini berlaku di 3 lokasi, Jakarta, Semarang, dan Surabaya.





























Artikel ini telah tayang di news.detik.com dengan judul "861 Pemudik Berlayar Pakai Kapal Perang ke Semarang dan Surabaya"