Hagia Sophia

25 May 2023

Berikut Tips untuk Menghitung Usia Kehamilan dengan Benar

Ilustrasi kehamilan. Foto: Kalbe

Saat ada si kecil di dalam rahim, sang ibu tentu ingin mengetahui usia kehamilannya. Dengan mengetahui usia kandungan, tentu waktu melahirkan pun bisa terprediksi.

Bagaimana cara menghitung usia kehamilan? Adakah cara yang mudah dan secara manual? Simak selengkapnya dalam artikel ini.

Cara Menghitung Usia Kehamilan

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui usia kehamilan. Mulai dari USG dan menghitungnya sendiri dengan rumus.

USG
Sejak dahulu, pemeriksaan dengan USG sudah dikenal sebagai salah satu cara menghitung usia kehamilan yang akurat. Prosedurnya ada dua, trasnvaginal dan transabdominal.

Menurut Morula IVF, USG transvaginal umumnya dilakukan saat sang ibu masih berada di fase awal kehamilan. Sementara, USG transabdominal dilakukan saat janin sudah dalam kondisi membesar.

Pemeriksaannya dilakukan menggunakan sensor yang ditempelkan pada dinding perut. Dalam pemeriksaan ini, dokter menghitung diameter kantong kehamilan saat usia kandungan kurang atau sama dengan enam minggu.

Selanjutnya, saat usia kandungan 7-14 minggu perkembangan janin juga dihitung. Kemudian pada usia di atas 12 minggu, dokter akan menghitung lingkar kepala janin.

Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT)
Ibu hamil bisa menghitung usia kehamilan dari Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT). Misal, HPHT pada 1 Agustus 2021 maka kandungannya berusia satu bulan atau empat minggu pada 29 Agustus 2021.

Cara ini umumnya digunakan wanita yang punya riwayat haid teratur. Jadwal haid memudahkan calon ibu mengingat HPHT dan menghitung usia kehamilan. Hal ini memudahkan pemeriksaan pada ibu dan kandungannya.

Tanggal Ovulasi
Ovulasi merupakan proses pelepasan plasenta ovum yang dipengaruhi sistem hormonal. Ovulasi dapat menjadi patokan menghitung usia kehamilan. Biasanya, ovulasi terjadi sekitar dua minggu usai hari pertama haid.

Misalnya, tanggal HPHT adalah 1 April 2023 maka ovulasi terjadi pada 15 April 2023. Usia kandungan bisa dihitung setelah tanggal tersebut, jika terjadi hubungan intim dan kehamilan.

Tak banyak wanita yang menyadari tanggal terjadinya ovulasi. Salah satu tandanya adalah melihat kekentalan lendir serviks. Para ibu hamil bisa melakukan pemeriksaan di tenaga kesehatan yang kompeten.

Menggunakan Rumus 4 1/3
Ada rumus yang bisa digunakan untuk menghitung usia kehamilan, yaitu dengan 4 1/3. Cara menghitungnya adalah sebagai berikut:

HPHT jatuh pada tanggal 7 April 2021 (7/4/2021)

Maka:

1. Usia kehamilan= {(Tanggal sekarang-HPHT)x(4 1/3)}
  • Usia kehamilan= {(14-7),(7-4) x(4 1/3)}
2. Hari dikurangi hari, bulan dikurangi bulan
  • Usia kehamilan = {(7), (3) x (4 1/3)}
    (7 hari 3 bulan x 4 1/3)
3. Berikutnya, hitung bagian bulannya dikalikan dengan 4 x 1/3
  • Usia kehamilan: (3x4)+(3x1/3) = 12+ 1= 13
    Maka, usia kandungannya yaitu 13 minggu + 7 hari atau 14 minggu.

Kalkulator Kehamilan
Kini, ada aplikasi kalkulator kehamilan yang bisa digunakan untuk mengetahui usia kandungan. Tapi, sama seperti beberapa cara sebelumnya, kamu perlu mengetahui HPHTmu.

Caranya cukup mudah. Kamu hanya perlu memasukkan tanggal dan bulan HPHT beserta siklus menstruasi. Nantinya, kalkulator akan memberikan hasil perhitungannya.

Cara Mengetahui Hari Perkiraan Lahir

Selain menghitung usia kehamilan, ada juga cara yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui hari perkiraan lahir. Berikut beberapa metodenya.

Rumus Neagle
Rumus Neagle digunakan untuk wanita dengan siklus menstruasi yang teratur. Perhitungan yang digunakan adalah kehamilan berlangsung selama 280 hari.

Cara menghitungnya adalah:

1. Apabila HPHT jatuh pada pada bulan Januari hingga pertengahan bulan Maret (sebelum tanggal 25) maka rumusnya yaitu: +7+9+0.
  • Misalnya: HPHT jatuh pada 6 Januari 2013, maka: 6/1/2013: +7+9+0= 13/10/2013
    Jadi, Hari Perkiraan Lahir (HPL) nya adalah tanggal 13 Oktober 2013

2. Apabila HPHT jatuh pada hari lebih dari pertengahan Maret (di atas tanggal 25 Maret sampai akhir Desember), maka rumusnya +7-3+1.
  • Misalnya: HPHT jatuh pada 8 Juli 2013, maka: 8/7/2013: +7-3+1= 15/4/2014
    Jadi, HPLnya adalah tanggal 15 April 2014.

Rumus Parikh
Rumus ini adalah metode yang mempertimbangkan durasi siklus menstruasi. Cara yang digunakan adalah:
  • Menambah sembilan bulan dari periode menstruasi terakhir
  • Dikurangi 21 hari
  • Ditambah durasi siklus sebelumnya.
USG
Selain untuk mengetahui usia kandungan, USG juga bisa memprediksi tanggal lahir. Prosedur ini juga bisa digunakan untuk mengetahui jenis kelamin jabang bayi, perkembangan dan memastikan kesehatannya.

Itulah lima cara mengetahui usia kandungan dengan mudah. Semoga informasi ini bermanfaat ya.























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "5 Cara Menghitung Usia Kehamilan dengan Benar"