Hagia Sophia

25 May 2023

Waspadai Gejala Kolesterol Tinggi pada Wanita

Foto: Getty Images/iStockphoto/interstid

Gejala kolesterol tinggi pada wanita cenderung akan terlihat seiring dengan bertambahnya usia. Selama ini banyak yang belum mengetahui, bahwa wanita juga memiliki risiko mengalami kolesterol tinggi dengan gejala yang perlu diwaspadai kemunculannya.

Kadar kolesterol yang tinggi pada tubuh dapat memicu risiko berbagai macam penyakit, salah satunya adalah penyakit jantung. Hal ini disebabkan oleh timbunan lemak yang mengembang di dalam pembuluh darah akibat dari kolesterol yang cukup tinggi.

Biasanya, gejala akan mulai dirasakan ketika kolesterol sudah memiliki kadar yang cukup tinggi. Meski kondisi ini bisa menyerang siapa saja, perlu juga dikenali dan diwaspadai kemunculannya gejalanya pada tubuh wanita. Berikut penjelasannya.

Gejala Kolesterol Tinggi pada Wanita

Dikutip dari laman Cleveland Clinic, Health Match dan WebMd, berikut adalah beberapa hal yang perlu dikenali bahkan diwaspadai dari munculnya gejala kolesterol tinggi pada wanita:

1. Tekanan Darah Tinggi
Tekanan darah tinggi atau juga dikenal dengan istilah hipertensi sangat berhubungan dengan kadar kolesterol yang juga tinggi. Ketika plak kolesterol dan kalsium menyebabkan arteri menjadi keras dan sempit, maka jantung harus bekerja lebih keras dalam memompa darah yang dapat mengakibatkan tekanan darah tinggi.

2. Xanthelasma Palpebrarum (XP)
Xanthelasma palpebrarum atau XP merupakan endapan lemak yang muncul di bagian kelopak mata. Kelebihan kadar kolesterol jahat dalam aliran darah dapat memunculkan endapan lemak yang menggumpal dan menimbulkan masalah pada fungsi kelopak mata.

3. Terasa Nyeri pada Bagian Kaki
Gejala kolesterol pada wanita berikutnya adalah mulai sering mengalami kesemutan hingga nyeri pada bagian kaki. Kondisi ini bisa saja akibat dari arteri yang tersumbat di kaki dan tidak dapat mengalirkan darah yang dibutuhkan tubuh.

4. Lidah Berubah Warna Menjadi Ungu
Statis darah merupakan perubahan warna pada lidah dan membesarnya pembuluh darah sublingual. Jika hal ini terjadi, bisa saja merupakan gejala kolesterol tinggi pada wanita.

Kondisi seperti ini bisa saja terjadi ketika darah tidak dapat mengalir dengan baik melalui jaringan. Sehingga menyebabkan kecepatan aliran darah yang berkurang.

5. Lesi Kulit
Kemunculan lesi kulit yang keras dan seperti lilin harus diwaspadai karena bisa saja dipicu oleh penumpukan kolesterol jahat. Kemunculannya dapat berupa benjolan kecil, nodul, atau bahkan tumor jinak yang akan membesar dengan seiringnya waktu.

Itulah beberapa gejala kolesterol tinggi pada wanita yang harus diwaspadai kemunculannya agar terhindar dari risiko penyakit berbahaya seperti jantung. Bahkan kondisi penumpukan kolesterol jahat dalam tubuh menjadi salah satu penyebab utama kematian di dunia.























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kenali dan Waspada 5 Gejala Kolesterol Tinggi pada Wanita"