Hagia Sophia

07 May 2023

Ini Bahanyanya Rekam Konser dengan Menggunakan HP

Jangan Sembarangan Rekam Konser Pakai Kamera HP, Ini Bahayanya Foto: Istimewa

Mengabadikan momen musisi favorit saat konser menggunakan kamera HP tentu sudah menjadi hal yang biasa. Tapi kalau tidak hati-hati, kamera HP kalian bisa rusak karena laser yang sering ditemukan saat konser.

Seperti yang dialami oleh seorang penggemar musik yang sedang menikmati konser rapper Geolier di Palapartenope Theatre di Naples, Italia pada 19 April lalu.

Dalam video yang viral itu, terlihat rapper Geolier sedang berada di atas panggung dikelilingi lautan orang yang membawa ponsel dan mengarahkan kameranya ke atas panggung.

Tiba-tiba dari arah panggung muncul laser yang bergerak vertikal dari atas ke bawah dengan sangat cepat. Laser yang merupakan bagian dari konser itu beberapa kali bergerak dari kiri kanan.

Parahnya, setelah kamera HP menangkap sinar laser itu langsung muncul garis-garis hitam di layar di mana sinar laser baru saja memancar. Dalam hitungan milidetik, layar ponsel itu langsung dipenuhi oleh garis hitam vertikal, dan di beberapa frame gambar terlihat digantikan dengan statik.

Pemilik HP yang malang itu masih terus merekam jalannya konser, tapi ia sempat mengarahkan kameranya ke tempat lain untuk melihat kerusakannya. Tidak diketahui siapa pemilik ponsel tersebut, tapi tampaknya sensor kameranya sudah benar-benar rusak, seperti dikutip dari PetaPixel, Sabtu (6/5/2023).

Laser memang merupakan lawan yang mengerikan untuk sensor kamera. Pada tahun 2021, Sony bahkan merilis peringatan resmi di website-nya yang mengatakan bahwa laser dapat menimbulkan kerusakan di sensor kamera.

"Jangan ekspos lensa secara langsung ke arah sinar seperti sinar laser. Ini dapat menyebabkan kerusakan pada sensor gambar dan menyebabkan kamera tidak berfungsi," kata Sony dalam peringatannya.

"Catatan: Di lingkungan luar atau dalam ruangan di mana ada display laser, kecenderungan kerusakan langsung atau tidak langsung (pantulan sinar laser dari objek reflektif) pada sensor CMOS kamera masih sangat tinggi," sambungnya.





























Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengan judul "Jangan Sembarangan Rekam Konser Pakai Kamera HP, Ini Bahayanya"