Hagia Sophia

07 May 2023

Konon Pancaran Sinyal BTS di Bumi Bisa Disadap 'Alien'

BTS 'Bocor' Konon Bisa Panggil Alien Datang. Foto: Science Alert

Peradaban alien yang maju mungkin sudah tahu bahwa ada kehidupan cerdas di Bumi, berkat keberadaan menara seluler atau base transceiver station (BTS) yang memancarkan sinyal komunikasi untuk ponsel kita.

Dugaan ini berdasarkan penelitian terbaru yang diklaim menunjukkan bahwa alien canggih di sistem bintang terdekat mungkin sudah bisa mendeteksi sinyal radio dari menara ponsel. Dan ketika sinyal-sinyal ini menjadi lebih kuat, manusia Bumi mungkin akan semakin mudah dideteksi di seluruh galaksi.

"Bumi sudah sangat terang di bagian spektrum radio. Jika tren ini berlanjut, kita dapat dengan mudah terdeteksi oleh peradaban maju mana pun dengan teknologi yang tepat," kata Mike Garrett, Direktur Pusat Astrofisika Bank Jodrell di University of Manchester, dikutip dari Live Science.

Garrett memimpin studi yang diterbitkan di Royal Astronomical Society ini. Para peneliti menggunakan data dari banyak orang untuk mensimulasikan 'kebocoran' sinyal radio dari menara ponsel dan untuk menentukan seberapa sulit sinyal ini dideteksi dari planet lain.

Ramiro Saide, seorang peneliti magang di Search for Extra-terrestrial Intelligence (SETI) Institution's Hat Creek Radio Observatory dan seorang mahasiswa program master di The University of Mauritius, memimpin pemodelan untuk menentukan sinyal mana yang mungkin dapat dideteksi dan seberapa jauh dari Bumi kemungkinan dapat dikenali.

Para peneliti menemukan bahwa Bumi mengeluarkan banyak tanda kehidupan berteknologi maju melalui kebocoran radio yang berasal dari BTS, komunikasi satelit, dan sinyal internet.

"Sinyal-sinyal ini dapat mencapai peradaban hipotetis yang tinggal di sekitar bintang terdekat. Termasuk bintang Barnard, yakni bintang kerdil merah yang terletak 6 tahun cahaya yang mungkin memiliki planet besar mirip Bumi yang mengorbitnya," kata para peneliti.

Mereka menambahkan, sinyal sejauh ini hanya dapat dideteksi oleh alien dengan instrumen yang lebih sensitif daripada yang ada di Bumi. tetapi ketika sinyal semakin intens, alien yang jauh atau kurang paham teknologi akan lebih mungkin untuk mendeteksinya.





























Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengan judul "BTS 'Bocor' Konon Bisa Panggil Alien Datang ke Bumi"