Hagia Sophia

07 May 2023

Remaja Ini Sudah Mulai Ngevape Sejak Usia 13 Tahun, Begini Keadaannnya Sekaarang

Paru-paru remaja kolaps gegara vape. (Foto: Tangkapan Layar Viral)

Seorang remaja mengatakan ngevape selama enam tahun menyebabkan paru-parunya kolaps empat kali. Kebiasaannya itu juga membuatnya tampak seperti perokok aktif 30 tahun.

Diberitakan NYPost, Draven Hatfield (19) mulai ngevape sejak berusia 13 tahun karena ikut-ikutan tren. Sejak saat itu, ia seperti kecanduan dan tak berhenti ngevape.

Pada Oktober 2021, dia mengalami sakit dada parah dan kram di sisi tubuhnya. Hatfield langsung dilarikan ke rumah sakit untuk diobservasi.

Setelah pemeriksaan, remaja itu ternyata mengidap pneumotoraks spontan atau paru-paru yang kolaps, kondisi yang terjadi ketika udara terperangkap di antara paru-paru dan dinding dada.

"Dokter mengatakan bahwa vape mengembangkan gelembung udara di paru-paru saya, dan mereka akan pecah dan akan mengeluarkan udara, dan itu akan menyebabkan paru-paru saya kolaps," jelas Hatfield.

Setelah menghabiskan minggu yang menyakitkan terhubung ke tabung dada, Hatfield kembali memulai aktivitasnya dan mulai menggunakan ngevape lagi. Awalnya dia tidak menyadari rokok elektrik lah yang membuat paru-parunya kolaps.

Hingga akhirnya dia mengalami gejala yang sama sepekan setelahnya. Secara total, paru-parunya sudah kolaps empat kali.

"Dalam perjalanan ke rumah sakit semuanya terlihat baik, dan ketika saya sampai di sana mereka harus melakukan operasi pada saya. Itu termasuk menempelkan dinding tulang rusuk saya. Ada proses perlekatan kimiawi. Mereka mengikis gelembung udara dari paru-paru saya," jelasnya.

Meskipun remaja itu telah pulih dari operasi, dia mengakui bahwa vape memiliki efek yang bertahan lama padanya.

Ia mengatakan masih merasakan sakit di bagian dada di samping paru-parunya yang kolaps dan sering mengalami masalah punggung bagian bawah.

"Saya tidak akan pernah menyentuh vape lagi. Saya sangat yakin bahwa vaping telah menyebabkan kerusakan, spesialis dan dokter paru saya juga yakin akan hal itu," pungkasnya.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Pengakuan Remaja Ngevape Sejak Umur 13 Tahun, Paru-parunya Jadi Begini"