Hagia Sophia

07 May 2023

Liga Inggris: Bournemouth Kalah dari Chelsea 1-3

Chelsea menumbangkan Bournemouth 3-1. Foto: Chelsea FC via Getty Images/Darren Walsh

Chelsea berhasil menumbangkan Bournemouth 3-1 dalam lanjutan Liga Inggris. Kemenangan ini menjadi yang pertama bagi The Blues sejak Frank Lampard masuk sebagai manajer interim.

Bermain di Vitality Stadium, Sabtu (6/5/2023), tiga gol kemenangan Chelsea dicetak Conor Gallagher di menit ke-9, Benoit Badiashile (82'), dan Joao Felix di menit ke-86. Sedangkan tuan rumah hanya sempat membalas lewat tembakan Matias Vina di menit ke-21.

Tak cuma kemenangan perdana bagi Lampard sejak mengambil alih, ini juga sekaligus kemenangan pertama Chelsea dalam 56 hari. Mereka juga sudah memastikan diri bertahan di Premier League musim depan.

Chelsea kini naik ke urutan 11 dengan 42 poin. Sedangkan Bournemouth menempati posisi 14 dengan 39 poin. Secara matematis, poin Chelsea sudah dipastikan tak akan dilampaui oleh Southampton, Everton, dan Leeds United. Mengingat jatah degradasi hanya tiga tim, mereka dipastikan aman.

Jalannya pertandingan

Chelsea membuat penonton tuan rumah terdiam di menit ke-9. Umpan silang N'Golo Kante dari sisi kanan disambut Conor Gallagher dengan sundulan yang bersarang di sudut kiri gawang yang dijaga Neto.

Namun keunggulan itu tak bertahan lama. Bournemouth berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-21 lewat Matias Vina. Tembakan bek Uruguay itu dari tepi kotak penalti meluncur deras ke sudut kanan atas gawang Chelsea untuk menaklukkan Kepa Arrizabalaga.

Chelsea berpeluang kembali unggul di menit ke-31, tetapi tembakan jarak dekat Noni Madueke belum tepat sasaran. Bournemouth balik mengancam dua menit berselang lewat sundulan Ryan Christie, namun melebar tipis di sisi kanan gawang Kepa.

Vina berupaya menambah golnya di laga ini pada menit ke-34, namun tembakan jarak jauhnya kali ini berhasil diamankan Kepa. Skor imbang 1-1 bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua, Bournemouth berupaya tampil menekan sejak awal. Christie kembali mendapat peluang di menit ke-58, namun tembakan kaki kiirnya dari dalam kotak penalti melenceng dari target. Menit ke-71, tembakan Vina ditepis oleh Kepa.

Chelsea balas menekan di menit ke-72 lewat Raheem Sterling, namun Neto sukses menggagalkan peluang tersebut. Upaya The Blues mencetak gol kedua baru membuahkan hasil di menit ke-82.

Benoit Badiashile menuntaskan umpan tendangan bebas Hakim Ziyech dengan tendangan jarak dekat yang sempat ditepis Neto namun tetap masuk ke gawang Bournemouth. Empat menit berselang, Chelsea kembali mencetak gol untuk mengunci kemenangan.

Joao Felix yang baru masuk di menit ke-84 mencatatkan namanya di papan skor usai menyelesaikan umpan mendatar yang apik dari Sterling. Skor 3-1 untuk Chelsea bertahan hingga laga usai.

Susunan pemain

Bournemouth: Neto, Adam Smith, Marcos Senesi, Lloyd Kelly, Matias Vina, Joe Rothwell (Lewis Cook 59'), Jefferson Lerma, Dango Ouattara, Philip Billing (Jaidon Anthony 83'), Ryan Christie (Antoine Semenyo 84'), Dominic Solanke (David Brooks 90').

Chelsea: Kepa Arrizabalaga, Ben Chilwell (Cesar Azpilicueta 75'), Benoit Badiashile, Thiago Silva, Trevoh Chalobah, Coor Gallagher, Enzo Fernandez, N'Golo Kante (Ruben Loftus-Cheek 63'), Mykhailo Mudryk (Raheem Sterling 63'), Kai Havertz (Joao Felix 84'), Noni Madueke (Hakim Ziyech 76').





























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Bournemouth Vs Chelsea: The Blues Menang, Pastikan Lolos dari Degradasi"