Hagia Sophia

06 June 2023

Update COVID-19: 6 Juni 2023 Kasus COVID-19 Bertambah 362 dan 7 Meninggal

istimewa

Kasus COVID-19 di Indonesia pada Selasa (6/6/2023), bertambah 362 kasus baru. Sebanyak 427 pasien sembuh dan sebanyak 7 pasien meninggal dunia.

Total kasus tersebut didapatkan dari 18.144 spesimen yang diperiksa dan 1.344 suspek. Sementara, kasus aktif hari ini tercatat sebanyak 11.213.

Sebelumnya, China diprediksi bakal menghadapi gelombang baru COVID-19 yang lebih parah pada akhir Juni, dibandingkan gelombang sebelumnya yang melanda pada akhir tahun lalu hingga Januari. Gelombang baru ini diperkirakan akan memicu 65 juta kasus per minggu.

Spesialis penyakit pernapasan Zhong Nanshan pada konferensi bioteknologi di Guangzhou, mengatakan gelombang kecil kasus COVID-19 pada akhir April dan awal Mei telah berhasil diantisipasi. Namun, pada Mei kasus akan memuncak menjadi sekitar 40 juta per minggu. Kemudian ia memperkirakan pada akhir Juni akan mencapai 65 juta kasus per minggu yang didominasi oleh subvarian Omicron XBB.

Adapun peningkatan kasus ini terjadi hampir enam bulan setelah China melonggarkan kebijakan Zero COVID, yang memungkinkan virus menyebar dengan cepat di antara 1,4 miliar penduduk di negara itu.

Imbas hal tersebut, kini China bergegas memperkuat gudang vaksinnya dengan imunisasi baru yang secara khusus menargetkan XBB. Regulator obat negara itu telah memberikan persetujuan awal untuk dua vaksin semacam itu, dengan tiga atau empat lainnya diperkirakan akan segera disetujui.

"Kami dapat memimpin secara internasional dalam mengembangkan vaksin yang lebih efektif," kata Zhong, dikutip dari NBC News.

Kelompok penasihat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga merekomendasikan agar suntikan penguat COVID-19 tahun ini diperbarui untuk menargetkan salah satu varian XBB yang saat ini dominan.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Update COVID-19 RI 6 Juni: Tambah 362 Kasus Baru, Kasus Aktif 11.213"