Hagia Sophia

26 July 2023

Mengeluh Kembung Berbulan-bulan, Ternyata Wanita Ini Idap Kanker Ovarium

Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/gorodenkoff

Seorang wanita di Leeds, Inggris, mengeluh kembung selama berbulan-bulan. Setelah diperiksa, ternyata ia mengidap penyakit serius yang tidak pernah disadarinya.

Wanita bernama Natasha Inman itu didiagnosis menderita kanker setelah dokter umum menemukan kista besar yang bersembunyi di indung telurnya. Sebelumnya, ia tidak merasa memiliki gejala yang serius sebelum melakukan pemeriksaan.

Sejauh ini, gejala yang dirasakannya hanya sedikit kembung. Namun, ia tidak pernah mempedulikannya.

Sampai akhirnya, ia melakukan pertemuan dengan dokter umum yang ditanggung asuransi kantornya. Setelah melakukan pemeriksaan, dokter menyadari ada yang salah dengan kondisi pasiennya dan menyarankan untuk melakukan tes smear.

Wanita 33 tahun itu melakukan pemeriksaan lanjutan dan menunjukkan hasil yang mengejutkan. Ditemukan empat kista di indung telurnya dengan total 40 cm, yang kira-kira seukuran janin berusia 30 minggu. Tes juga menunjukkan bahwa itu adalah kanker.

"Ketika dokter memberi tahu saya, saya kaget dan tidak percaya. Saya tidak memiliki gejala, saya hanya sedikit kembung, tetapi saya tidak akan pernah pergi ke dokter tentang hal itu, karena tidak terlalu mempengaruhi hidup saya," kata Natasha yang dikutip dari Daily Mail, Selasa (25/7/2023).

"Saya pikir, melihat ke belakang dari sekarang, saya olahraga di gym selama sekitar tiga bulan, terutama yang melibatkan gerakan berbaring tengkurap. Tetapi sekali lagi, saya tidak terlalu memikirkannya. (Saya pikir itu) mungkin hanya kembung," jelasnya.

Dokter mengatakan berat atau massa dari kista itu sama seperti wanita hamil dengan usia kandungan 5-6 bulan. Setelah dokter menemukan kista tersebut, Natasha menjalani operasi caesar untuk mengangkat kista dari perutnya yang dikirim untuk pengujian.

Natasha tidak pernah menyangka kondisi itu terjadi pada dirinya. Saat dokter memberitahu soal penyakitnya, Natasha kaget dan mulai berpikir soal perawatan yang harus dijalaninya, seperti kemoterapi.

"Hal yang paling membuatku takut adalah kata kemoterapi dan pikiran tentang kehilangan rambutku," beber Natasha.

"Saya telah mempertahankan rambut panjang yang sehat sepanjang hidup saya dan saya tidak dapat membayangkan hal itu diambil dari saya," sambungnya.

Pada 4 Mei 2023, Natasha secara resmi didiagnosis mengidap kanker ovarium teratoma sel germinal stadium 2 grade 3. Stadium 1 berarti kanker hanya ada di ovarium dan tidak menyebar ke tuba falopi atau rahim, sedangkan stadium tiga berarti kanker tumbuh cukup cepat.

Tumor ovarium sel germinal, juga dikenal sebagai kista ovarium, dimulai pada sel ovarium yang berkembang menjadi sel telur. Mereka jarang dan biasanya menyerang anak perempuan dan wanita muda hingga usia awal 30-an.

Gejalanya meliputi nyeri di perut, kembung, dan menstruasi tidak teratur.

Sebagai bagian dari pengobatan, Natasha menjalani pembekuan sel telur darurat sebelum itu diambil. Ini untuk mengantisipasi jika kemoterapi mempengaruhi kesuburannya, dan ia tetap bisa mencoba memiliki bayi dengan sel telur yang dibekukan itu.

"Sejauh ini perawatannya sangat sulit. Saya merasa sangat sulit secara mental dan fisik tetapi saya beruntung karena saya mengetahuinya lebih awal sehingga saya dapat sembuh dan menjadi lebih baik," pungkasnya.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kembung Berbulan-bulan Bak Hamil, Ternyata Kena Kanker Ovarium Stadium 3"