Hagia Sophia

07 November 2023

Ini Dampaknya Bila Israel Menuklir Gaza

Ilustrasi bom nuklir (Foto: Getty Images)

Seorang menteri Israel memantik kontroversi dengan sesumbar menuklir Gaza. Kalau sungguh dilakukan, dampaknya sangat mengerikan.

Diketahui, menteri yang melontarkan pernyataan tersebut adalah Menteri Warisan Israel, Amihay Eliyahu yang merupakan anggota partai sayap kanan dari pemerintahan koalisi pimpinan Perdana Menteri (PM) Israel, Benjamin Netanyahu seperti dilansir dari Reuters, Senin (6/11/2023).

Namun, saat ini Eliyahu dinonaktifkan oleh PM Israel Benjamin Netanyahu akibat pernyataan kontroversialnya tersebut. Pernyataan Eliyahu juga dinyatakan tidak berdasar dan Eliyahu juga bukanlah menteri kabinet yang dilibatkan dalam suatu keputusan perang. Hal ini diungkapkan oleh Kantor PM Israel dalam sebuah pernyataan resmi.

"Pernyataan Eliyahu tidak berdasarkan kenyataan. Israel dan IDF (Angkatan Bersenjata Israel) beroperasi sesuai dengan standar tertinggi hukum internasional untuk menghindari membahayakan orang-orang yang tidak bersalah. Kami akan terus melakukannya sampai kemenangan kami," jelas Kantor PM Israel.

Bagaimana Sebuah Ledakan Nuklir Terjadi?

Jika Israel sungguh memakai bom nuklir, dampaknya akan sangat mengerikan. Beginilah ngerinya.

Senjata nuklir merupakan senjata yang ditemukan menjelang akhir Perang Dunia II lewat Proyek Manhattan yang dikerjakan Amerika Serikat. Saat itu, bom nuklir pertama yang diberi nama sebagai bom Trinity lahir.

Ledakan bom nuklir atau biasa juga disebut sebagai bom atom merupakan bom yang bekerja dengan mekanisme atom, maka dari itu bom tersebut disebut sebagai bom atom. Lalu bagaimana sebuah ledakan nuklir dapat terjadi?

Proses ledakan nuklir akan bermula pada reaksi fisi yang terjadi secara bersamaan dengan sebuah ledakan. Karena hulu ledak nuklir mengandalkan mekanisme atom, maka yang terjadi dalam sebuah ledakan nuklir adalah pelepasan neutron dari sebuah atom.

Nantinya, jika atom pertama sudah melepaskan neutron maka neutron tersebut akan bekerja dengan menabrak atom lain sehingga tampak seperti reaksi berantai. Hal ini akan menimbulkan ledakan yang menyebar pada radius tertentu dengan waktu ledakan dan sebaran yang sama.

Ledakan nuklir juga menjadi dahsyat karena dari reaksi berantai neutron yang terjadi, neutron tidak dapat dikontrol arah perginya. Hal ini membuat sebaran dari sebuah ledakan nuklir akan menyebar kemana pun.

Pada hulu ledak nuklir juga terpasang bahan fisi yang cukup padat. Hal ini dilakukan untuk menjamin seluruh neutron yang keluar dari atom akan menyerang atom lain dan berhasil menimbulkan reaksi berantai.

Hulu Ledak Nuklir Israel

Israel secara resmi tidak mengakui kepemilikannya atas hulu ledak nuklir. Walau begitu, AS diperkirakan menyediakan hulu ledak nuklir bagi Israel.

Menurut data dari lembaga Nuclear Threat Initiative, Israel diperkirakan memiliki 90 hulu ledak nuklir. Hulu ledak nuklir Israel ini memiliki kompatibilitas dengan beberapa platform yang dimiliki IDF.

Jika serangan nuklir menggunakan media yang dilepas dari pesawat maka Israel menggunakan F-15 atau F-16 yang dipasangi bom gravitasi berhulu ledak nuklir. Saat ini, armada baru F-35i Israel juga diperkirakan memiliki kemampuan tersebut.

Israel juga dapat meluncurkan hulu ledak nuklir dengan rudal Jericho I, Jericho II dan Jericho III yang diluncurkan dari platform berbasis darat. Dengan begini, hulu ledak nuklir Israel memiliki jangkauan mulai dari 500 km sampai 6.500 km. Hulu ledak yang dapat dibawa rudal ini berkisar dari 1.000 kg sampai 1.300 kg.

Selai itu, Israel juga memiliki posibilitas peluncuran hulu ledak nuklir melalui kapal selam kelas Dolphin 2 yang dimiliki Angkatan Laut IDF.


























Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengan judul "Kalau Israel Menuklir Gaza, Gila Banget Sih Dampaknya"