Hagia Sophia

09 November 2023

Sindrom Manusia Serigala, Wajah Penuh Bulu Sejak Lahir

Foto: Tangkapan layar TikTok @umpsamalaysia

Seorang bocah berusia 2 tahun di Malaysia mengidap sindrom manusia serigala. Kondisi tersebut membuat wajahnya dipenuhi bulu sejak lahir.

Diberitakan Strait Times, Missclyen Roland mengalami hipertrikosis bawaan, penyakit langka yang menyebabkan banyak rambut tumbuh di wajah dan tubuh bagian atasnya. Beruntung, sindrom manusia serigala itu tidak mempengaruhi kesehatannya, meski keluarganya tetap rutin membawanya untuk pemeriksaan.

Tunku Azizah Aminah Maimunah Iskandariah juga disebut akan mengadopsi Missclyen yang dia sebut 'anak dari surga'. Dia pertama kali bertemu dengan Missclyen pada 10 September dalam tur ke negara bagian timur Sabah dan Sarawak bersama Raja Malaysia, Sultan Abdullah Ahmad Shah.

Ini bukanlah kasus hipertrikosis pertama yang terjadi saat lahir atau muncul saat dewasa. Kondisi ini terkenal menimpa beberapa orang yang tergabung di sirkus pada abad ke-19 dan awal abad ke-20, terutama Julia Pastrana, pemain Meksiko yang dikenal sebagai "wanita beruang" di sirkuit karnaval karena wajahnya yang berbulu lebat.

Laman Healthline menjelaskan hipertrikosis kongenital mungkin disebabkan oleh reaktivasi gen penyebab pertumbuhan rambut. Gen-gen yang menyebabkan pertumbuhan rambut secara luas pada manusia purba telah "dimatikan" selama evolusi. Karena kesalahan yang belum diketahui penyebabnya, gen pertumbuhan rambut ini "aktif" saat bayi masih dalam kandungan.

Sampai saat ini hipertrikosis tidak dapat disembuhkan, dan pasien tidak dapat melakukan apa pun untuk mencegah penyakit bawaan ini. Mengobati hipertrikosis melibatkan penghilangan rambut melalui berbagai metode jangka pendek seperti mencukur bulu atau waxing.

Perawatan jangka panjang termasuk elektrolisis dan operasi laser. Elektrolisis adalah penghancuran folikel rambut dengan muatan listrik kecil. Operasi laser melibatkan penerapan sinar laser khusus pada beberapa rambut sekaligus.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Bocah Malaysia Idap 'Sindrom Manusia Serigala', Wajah Penuh Bulu Sejak Lahir"