Hagia Sophia

09 January 2024

Temuan Hasil Riset Tentang Kinerja Otak Saat Melamun

Foto ilustrasi: Getty Images/recep-bg

Melamun kerap kali dianggap sebagai aktivitas yang tak ada gunanya atau bahkan berbahaya. Tapi apa sih sebenarnya yang terjadi pada otak ketika sedang melamun?

Menjawab pertanyaan tersebut, peneliti di Harvard Medical School mencoba mengungkap kerja otak ketika sedang berada di mode melamun dengan menggunakan tikus sebagai objek penelitian.

Dalam studi yang dipublikasikan di jurnal Nature, peneliti memantau aktivitas neuron di korteks visual, yaitu bagian otak yang memproses informasi visual dari penglihatan mata. Hasil penelitian yang dilakukan pada tikus menunjukkan melamun membentuk respons di otak terhadap apa yang dilihatnya.

"Kami ingin tahu bagaimana proses melamun ini terjadi pada tingkat neurobiologis dan apakah momen refleks tenang ini penting untuk pembelajaran dan ingatan," jelas Nghia Nguyen, ahli neurobiologi dari Harvard University.

Berdasarkan hasil penelitian, para peneliti menduga bahwa lamunan tersebut mungkin terlibat aktif dalam plastisitas otak. Pengamatan ini sejalan dengan semakin banyaknya bukti pada hewan pengerat dan manusia yang memasuki kondisi terjaga setelah suatu pengalaman dapat meningkatkan pembelajaran dan memori.

Selanjutnya, para peneliti berencana menggunakan alat pencitraan untuk memvisualisasikan hubungan antara neuron di korteks visual dan memeriksa bagaimana hubungan ini berubah ketika otak "melihat" sebuah gambar.

"Kami mengejar 99 persen aktivitas otak yang belum dijelajahi dan menemukan bahwa ada begitu banyak kekayaan di korteks visual yang tidak diketahui oleh siapa pun," kata Andermann.

Peneliti mengatakan, lamunan dapat digunakan untuk membentuk respon otak yang mungkin ada di masa depan terhadap apa yang dilihatnya. Otak juga akan mampu melakukan plastisitas atau mengatur ulang dirinya dalam merespon sesuatu yang baru.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Ilmuwan Harvard Bikin Riset soal Kerja Otak saat Melamun, Ini Temuannya"