Hagia Sophia

20 February 2024

Dialami Alice Norin, Pasien Kanker Sarkoma Harus Angkat Rahim?

Alice Norin. (Foto: Palevi S/detikFoto)

Bintang sinetron Alice Norin belum lama ini buka-bukaan terkait kondisi kesehatannya. Alice Norin menceritakan bahwa ia mengidap kanker sarkoma pada otot rahimnya.

Menyoal penyakit ini, kanker sarkoma sebenarnya dapat terjadi di organ manapun. Dokter spesialis kandungan dr Veinardi Madjid, SpOG, SubspOnk menjelaskan bahwa secara umum penanganan kanker sarkoma khususnya di organ rahim membutuhkan pembedahan yang radikal.

Hal ini perlu dilakukan terlebih kanker sarkoma cenderung bersifat 'bandel' dan sangat mudah menyebar. Agar kondisi tidak semakin parah, secara umum pengangkatan rahim akibat kanker sarkoma pada rahim paling sering dilakukan.

"Secara umum penanganan kanker sarkoma (di rahim) dilakukan pengangkatan rahim terlebih dahulu. Pengangkatan ini, pasien dan keluarga yang akan menentukan. Dokter tidak memaksa tapi memberi tahu bahwa pilihan ini yang terbaik," ucap dr Veinardi ketika ditemui wartawan, Jumat (16/2/2024).

Jika tidak segera diangkat, sel kanker dapat tumbuh dan menyebar secara signifikan. Kondisi ini bisa sangat membahayakan pasien. Setelah rahim diangkat, maka seorang pasien sudah tidak dapat hamil lagi.

"Pasti akan disarankan pengangkatan rahim apabila masih bisa diangkat, kalau tidak bisa diangkat sih enggak akan ditawarkan untuk pengangkatan rahim," tambahnya.

Walaupun begitu, dr Veinardi mengingatkan bahwa yang terpenting dari perawatan kanker sarkoma adalah menyelamatkan pasien. Ia menyarankan pasien untuk lebih fokus pada proses pengobatan dan berusaha secara perlahan untuk tidak terlalu memikirkan soal kehamilan.

"Saya rasa kalau kita sudah ada masalah kanker, saya rasa harus fokus pengobatan kanker. Karena pengobatan sarkoma itu panjang dan merupakan salah satu kanker yang rada 'bandel', artinya pembedahan merupakan salah satu cara yang bagus dibanding kemoterapi untuk sarkoma," tandasnya.

Alice Norin Menopause Dini

Alice Norin menuturkan bahwa ia telah menjalani operasi pada 16 Desember 2023. Karena operasi tersebut, kini Alice Norin mengalami menopause dini dan tidak bisa memiliki keturunan lagi.

"Operasi dengan cara Midline Laparotomy alias dibelek dari atas ke bawah, karena setelah miom dibiopsi jika ganas semua organ reproduksi dan dua kelenjar belakang itu harus dikeluarkan untuk setop adanya kemungkinan kankernya menyebar," tutur Alice Norin melalui unggahan videonya dikutip detikcom, Jumat (16/2/2024).

"Artinya aku akan menopause dini dan sudah pasti tidak bisa punya anak lagi," pungkasnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Seperti Dialami Alice Norin, Apakah Pasien Kanker Sarkoma Harus Angkat Rahim?"