Hagia Sophia

20 February 2024

Berbagai Obat Herbal yang Mudah Ditemui untuk Atasi Kolesterol Tinggi

Foto ilustrasi: Thinkstock

Obat herbal kolesterol tinggi mengandung bahan-bahan alami yang didapatkan dari tumbuhan dan mudah didapatkan. Meski terlihat sederhana, bahan-bahan ini berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah yang sudah tinggi.

Kolesterol tinggi merupakan kondisi saat kadar kolesterol di dalam darah melebihi batas normal. Jika dibiarkan, kadar kolesterol yang berlebihan bisa menumpuk di pembuluh darah dan meningkatkan berbagai risiko penyakit serius, termasuk penyakit jantung.

Kadar kolesterol di dalam tubuh berasal dari dua sumber, yakni makanan dan hati. Pada dasarnya, tubuh membutuhkan kolesterol untuk menjalankan beberapa fungsi tubuh. Kolesterol juga terbagi menjadi dua jenis, yaitu kolesterol jahat atau Low Density Lipoprotein (LDL) dan kolesterol baik atau High Density Lipoprotein (HDL).

LDL bekerja dengan cara menumpuk kolesterol di pembuluh darah sehingga bisa memicu komplikasi serius. Itu sebabnya kolesterol jenis ini kerap disebut kolesterol 'jahat'. Sementara HDL bertugas membersihkan dan membuang LDL keluar menuju liver (hati).

Obat Herbal Kolesterol Tinggi

Jika kadar kolesterol tinggi, perlu segera mengatasinya agar tak memicu komplikasi. Selain menggunakan obat medis, terdapat sejumlah obat herbal yang bisa dicoba. Apa saja?

1. Bawang Putih
Dikutip dari Times of India, bawang putih mengandung allicin konsentrasi tinggi, senyawa yang mengandung sulfur yang dikenal dapat menurunkan kolesterol total dan kolesterol LDL secara signifikan.

Kunyahlah beberapa siung bawang putih di pagi hari dan menjelang tidur secara rutin. Bawang putih mentah bekerja lebih baik daripada bawang putih matang.

2. Air Lemon
Air lemon ternyata juga berkhasiat sebagai obat herbal kolesterol tinggi. Dikutip dari Thirsty Work, tingginya vitamin C dalam lemon bisa membantu menurunkan kadar kolesterol darah.

Untuk mengkonsumsinya, bisa dengan mencampurkan 2-3 buah lemon ke dalam air setiap hari. Selain itu, bisa juga mencampurkan lemon dengan air hangat saat perut kosong atau satu jam setelah makan.

3. Daun Salam
Obat herbal kolesterol tinggi yang cukup terkenal adalah daun salam. Daun ini ternyata berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol LDL dalam tubuh.

Daun salam memiliki kandungan serat yang cukup tinggi yang dapat mengikat lemak di sistem pencernaan. Hal ini membuat proses penyerapan lemak oleh tubuh menjadi melambat. Proses inilah yang membantu menurunkan jumlah kolesterol LDL dalam tubuh.

Selain itu, daun salam juga kaya akan antioksidan seperti flavonoid. Zat ini juga bisa meningkatkan kolesterol HDL di dalam tubuh. Sehingga secara tidak langsung, daun salam dapat membantu melindungi dan menjaga kesehatan jantung.

Umumnya, untuk mengkonsumsi obat herbal kolesterol tinggi ini dengan cara diminum. Rebus beberapa helai daun salam dengan air sampai menjadi teh yang siap minum.

4. Jahe
Dikutip dari laman Healthline, penelitian pada tahun 2014 menunjukkan bahwa jahe dapat menurunkan kadar kolesterol total dan trigliserida. Sementara penelitian pada tahun 2008 menunjukkan bahwa jahe bisa menurunkan kadar kolesterol LDL dan meningkatkan kolesterol HDL.

Cara mengkonsumsinya bisa dengan menambahkan jahe mentah ke dalam makanan. Jahe segar juga bisa diparut dalam teh herbal dan diminum sekali/dua kali sehari.

Jika menggunakan jahe dalam bentuk bubuk maupun suplemen, bisa diminum dengan campuran madu setiap pagi atau direbus dalam air dan diminum sepanjang hari.

5. Kunyit
Obat herbal kolesterol tinggi lainnya adalah kunyit. Dikutip dari India.com, kunyit bisa membantu mengurangi plak atau timbunan kolesterol di dinding arteri.

Tambahkan kunyit ke dalam masakan atau minum susu kunyit sebelum tidur untuk membantu mengurangi kolesterol jahat. Cara terbaiknya adalah dengan meminum setengah sendok teh kunyit dengan air hangat di pagi hari.

6. Teh Hijau
Kunyit membantu mengurangi plak atau timbunan kolesterol di dinding arteri. Tambahkan kunyit ke dalam kari Anda atau minum susu kunyit sebelum tidur untuk membantu mengurangi kolesterol jahat. Cara terbaiknya adalah dengan meminum setengah sendok teh kunyit dengan air hangat di pagi hari.

7. Biji Ketumbar
Ketumbar juga kaya akan antioksidan tingkat tinggi yang membantu menurunkan kadar kolesterol. Bahan yang sering ditemukan di dapur ini memiliki banyak vitamin penting seperti asam folat, vitamin C, vitamin A dan beta-karoten.

Rebus satu sendok teh biji ketumbar dalam air selama kurang lebih dua menit, lalu saring dan minum. Obat ini membantu menjaga kadar kolesterol tetap terkendali.

8. Cuka Apel
Obat herbal kolesterol tinggi yang terakhir adalah cuka sari apel. Itu bisa bermanfaat sebagai obat yang efektif untuk mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Tambahkan satu sendok makan cuka sari apel ke dalam segelas air hangat. Campur dengan baik. Minumlah larutan ini setiap hari untuk hasil terbaik.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "8 Obat Herbal Kolesterol Tinggi yang Mudah Ditemui di Rumah, Termasuk Daun Salam"