Hagia Sophia

07 January 2023

Misteri Besar Bumi yang Belum Terpecahkan Sampai Saat Ini

5 Misteri Terbesar Bumi yang Belum Terpecahkan. Foto: NASA

Berbagai misteri masih menyelimuti Planet Bumi dan sampai saat ini belum dapat dipecahkan oleh para ilmuwan dari sisi sains atau ilimah. Ini di antaranya seperti dikutip detikINET dari Reader's Digest:

Asal usul air

Air di mana-mana, mencakup 70% permukaan bumi dan membuatnya mendapat julukan Planet Biru. Namun dari mana asalnya? Bagaimana bisa begitu melimpah di planet kita padahal hampir tidak ada di seluruh Tata Surya?

Sebagian besar ilmuwan percaya ketika terbentuk sekitar 4,5 miliar tahun lalu, Bumi adalah planet berbatu yang kering. Teori ilmiah paling populer menyatakan air datang dalam bentuk beberapa asteroid raksasa yang dipenuhi es. Teori lain menyebut air sebenarnya sudah ada sejak pembentukan Bumi.

Misteri oksigen

Hal lain yang sangat penting bagi makhluk hidup di Bumi adalah oksigen. Menurut sains, sekitar 2,4 miliar tahun lalu, makhluk mikroskopis yang disebut cyanobacteria melepaskan oksigen sebagai produk limbah, mengisi atmosfer dengannya. Setelah itu, tingkat oksigen di atmosfer naik turun secara liar hingga akhirnya stabil sekitar 540 juta tahun lalu.

Tapi apa yang menyebabkannya tiba-tiba stabil? Hal ini tetap menjadi salah satu misteri ilmiah terbesar yang belum diketahui jawabannya dengan pasti.

Letusan Kambrium

Letusan Kambrium mengacu pada ledakan kehidupan kompleks yang terjadi sekitar 540 juta tahun lalu. Sebelumnya, kehidupan sebagian besar terdiri dari bakteri, eukariota, dan tumbuhan ultra-sederhana. Di awal periode Kambrium, evolusi tampaknya mengalami lonjakan pertumbuhan, dan makhluk kompleks mulai berevolusi dengan kecepatan yang belum pernah terlihat sebelumnya.

Tiba-tiba, kehidupan memiliki otak, mata, dan kerangka. Sebagian besar makhluk hidup hari ini dapat melacak garis keturunan kembali ke periode Cambrian. Beberapa ilmuwan percaya Letusan Kambrium terjadi akibat dari oksigen disebutkan di atas, menjadi stabil di waktu yang bersamaan. Akan tetapi masih ada keraguan soal teori itu.

Apa yang ada di dalam inti Bumi?

Meskipun tampaknya manusia telah berhasil menjelajahi Bumi, sebenarnya kita hanya di permukaannya saja. Ada lebih banyak hal di dalam Bumi daripada permukaannya. Akan tetapi penjelajahannya amat sukar. Alasannya, tentu saja, karena kondisi di bawah permukaan bumi benar-benar tidak ramah.

Ilmuwan tahu bahwa lapisan di bawah kerak atau mantel, sebagian besar terdiri dari batuan silikat padat. Tapi inti dari planet kita tetap misteri. Selama bertahun-tahun, para ilmuwan percaya bahwa besi dan nikel merupakan lapisan terdalam Bumi. Namun hal itu belum sepenuhnya diyakini.

Bagaimana Bulan terbentuk?

Para ilmuwan tidak yakin bagaimana Bulan terbentuk. Banyak yang percaya bahwa bulan muncul karena tabrakan antara Bumi yang baru terbentuk dan protoplanet yang sedikit lebih kecil. Namun, sampel dari misi Apollo menunjukkan bahwa komposisi kimia Bulan sangat mirip dengan Bumi.

Ini menunjukkan Bulan mungkin bukan benda yang terpisah namun terbentuk dari bongkahan Bumi sendiri. Teori ketiga, menyatakan bahwa Bulan adalah benda terpisah yang ditarik ke orbit Bumi, memberikan penjelasan terbaik mengapa hanya satu sisi bulan yang menghadap kita.























Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengan judul "5 Misteri Terbesar Bumi yang Belum Terpecahkan"