Hagia Sophia

07 January 2023

Waspada...'Chiki Ngebul' Bisa Bikin Perut Bolong

Ilustrasi 'chiki ngebul'. (Foto: Getty Images/iStockphoto/manustart)

Belakangan ramai surat edaran dari Kementerian Kesehatan RI yang meminta agar Dinas Kesehatan dan rumah sakit untuk waspada terkait kasus keracunan 'chiki ngebul'. Hal ini menyusul adanya kasus tujuh anak yang mengalami keracunan nitrogen cair di Tasikmalaya, Jawa Barat pada November 2022 lalu.

'Chiki ngebul' atau dikenal dengan sebutan ice smoke adalah jajanan yang bisa mengeluarkan asap. Asap yang mengepul itu berasal dari nitrogen cair atau liquid nitrogen.

Dokter konsultan pencernaan dari RS Brawijaya Depok, dr Aru Ariadno, SpPD KGEH, mengungkapkan nitrogen cair mempunyai titik didih -197 derajat celcius yang cukup berbahaya. Di dunia medis, nitrogen cair ini memiliki efek cryogenic yang berfungsi untuk membekukan sel-sel tubuh, seperti sel-sel pra kanker.

"Karena sifatnya itu biasanya oleh dokter dermatologi nitrogen cair digunakan untuk membakar hal-hal yang tak diinginkan pada kulit, yang artinya ini bisa merusak jaringan," ucapnya saat dihubungi detikcom, Jumat (6/1/2023).

Bagaimana Jika Tertelan ke Dalam Tubuh?

dr Aru menyebutkan bahwa zat nitrogen cair ini dapat memberikan efek yang berbahaya jika tertelan ke dalam tubuh. Efeknya bisa membakar dinding pencernaan dan menyebabkan kerusakan jaringan hingga perforasi atau bocornya saluran cerna.

Maka dari itu, dr Aru meminta agar masyarakat menghindari makanan yang menggunakan nitrogen cair sembarangan. Ia menegaskan agar pemerintah dapat mengeluarkan regulasi terkait penggunaan nitrogen cair ini.

"Jadi bila tidak ditangani dengan cepat mungkin akan berakibat kematian. Untuk itu disarankan penggunaan nitrogen cair pada makanan perlu pengawasan lebih baik dari lembaga yang terkait agar penggunaannya tidak sembarangan," pungkasnya.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Pakar Wanti-wanti 'Chiki Ngebul' Bisa Bikin Perut Bolong"