Hagia Sophia

28 February 2023

Beberapa Manfaat Bila Sering Konsumsi Tempe

Manfaat dan nutrisi yang bisa didapatkan dari tempe. Foto: dikhy sasra

Tempe adalah salah satu bahan makanan olahan dari kacang kedelai yang sudah begitu populer di Indonesia. Ada banyak sekali masakan Nusantara yang menggunakan tempe sebagai bahan utamanya.

Tak hanya punya rasa lezat, kandungan gizi yang dimiliki oleh tempe juga tidak main-main. Bahkan tempe sampai mendapatkan julukan sebagai superfood. Superfood merupakan istilah yang digunakan untuk makanan bernutrisi tinggi dan rendah kalori. Selain itu superfood juga kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan.

"Saya katakan tempe itu superfood," ucap Dr Dra Suliantari, MS, pengajar Ilmu Teknologi Pangan Fakultas Teknologi Pertanian, Institut Pertanian Bogor (IPB) saat ditemui detikcom di Jakarta Selatan, Senin (27/2/2023).

"Karena kandungan gizinya dan juga proteinnya ataupun vitaminnya lebih bagus bila dibandingkan makanan yang lainnya," sambungnya.

Dalam acara yang sama, dokter gizi klinis Siloam Hospital dr Fiastuti Isbandi Witjaksono, Sp.GK menjelaskan bahwa tempe memiliki kandungan protein yang besar. Tak hanya itu saja, tempe juga miliki banyak nutrisi lain yang berguna untuk kesehatan.

"Jadi dalam 100 gr tempe kita beli 100 gr itu proteinnya itu 20 gr. Kemudian dia juga mengandung mineral mulai dari kalsium buat tulang, dia juga mengandung zat besi buat mencegah anemia supaya tidak kurang darah, kemudian kalium buat jantung dan hipertensi," jelas dr Fiastuti.

"Ada vitamin D, ada vitamin B12, ada isoflavon itu antioksidan buat awet muda. Tidak hanya awet muda kulitnya, tapi juga awet muda seluruh organ tubuhnya," pungkas dr Fiastuti.

Berikut ini adalah beberapa manfaat rutin mengonsumsi tempe yang dipaparkan oleh dr Fiastuti:
  • Sumber protein nabati, serat, isoflavon, peptida probiotik, kalsium, potasium, magnesium, dan phytoetrogen.
  • Menjaga kesehatan pencernaan.
  • Menjaga kadar glukosa dalam darah.
  • Menjaga kadar kolesterol dan baik untuk kesehatan jantung.
  • Menjaga kesehatan tulang.
  • Memiliki efek anti kanker.
  • Membantu memberi rasa kenyang lebih sehingga dapat membantu proses penurunan berat badan.























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Alasan Harus Sering-sering Makan Tempe, Cegah Kolesterol dan Bantu Pangkas BB"