Hagia Sophia

29 March 2023

Terkait Somasi Forum Dokter Soal STR, Ini Komentar IDI

Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia dr Adib Khumaidi. (Foto: Khadijah Nur Azizah)

Forum Dokter Peduli Ketahanan Kesehatan Bangsa (FDPKKB) melayangkan somasi kepada Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Hal itu berawal dari pernyataan Menkes soal besarnya biaya yang perlu dikeluarkan dokter untuk bisa mendapatkan Surat Izin Praktik (SIP) dan Surat Tanda Registrasi (STR).

"(Menyampaikan somasi kepada Menkes) atas perbuatan, pernyataan, keterangan, atau informasi yang tidak benar terkait dengan membayar Rp 6 juta," ungkap kuasa hukum dari FDPKKB Muhammad Joni dalam konferensi pers di Jakarta Pusat, Selasa (28/3/2023).

"Dan kemudian terkait dengan SKP yang punya kamuflase versi Pak Menteri 140 dokter 4 SKP sehingga muncul angka lebih dari Rp 1 T. Hal itu kemudian menjadi sangat bias, bahkan cenderung ke pelanggaran hal hukum," sambungnya.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dr Muhammad Adib Khumaidi, SpOT menegaskan bahwa somasi tersebut bukan berasal dari pihak IDI. Walau begitu, menurutnya apa yang diungkapkan oleh Menkes soal biaya STR memang menyebabkan kegaduhan.

"Yang pertama (somasi) itu bukan dari Ikatan Dokter Indonesia. Jadi kalau kami melihatnya bahwa apa yang kemudian statement-statement Pak Menteri itu membuat sebuah kegelisahan di seluruh anggota Ikatan Dokter Indonesia," ucap dr Adib ketika ditemui detikcom di Jakarta Pusat, Selasa (28/3/2023).

"Membuat kegelisahan di dokter seluruh Indonesia sehingga kalau pun ada upaya-upaya seperti itu (somasi), ya itu saya kira kalau kita negara demokrasi ya hak individu untuk menyampaikan seperti itu ya. Silakan saja dan itu sekali lagi secara institusi bukan dari Ikatan Dokter Indonesia," sambungnya lagi.

Lebih lanjut, dr Adib juga mengatakan bahwa sebaiknya Menkes melakukan klarifikasi terlebih dahulu soal biaya mendapatkan STR sebelum bicara di publik. Hal itu dilakukan agar tak menimbulkan kegaduhan di masyarakat, khususnya para dokter.

"Hal-hal yang berkaitan dengan ini tolong dilakukan tabayun terlebih dahulu supaya mendapatkan data yang secara faktual dan tidak menimbulkan kegaduhan," pungkasnya.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Komentar IDI Tanggapi Somasi Forum Dokter soal STR: Menkes Harusnya Tabayun"