Hagia Sophia

06 April 2023

Dampak Virus Marburg, Beberapa Negara Ini Melarang Warganya Pergi ke Afrika

Uni Emirat Arab menyarankan warganya tak mengunjungi Afrika imbas virus Marburg. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Professor25)

Kementerian Luar Negeri Uni Emirat Arab dan otoritas di beberapa negara Arab menyarankan warganya untuk tidak bepergian ke Afrika, khususnya Guinea Khatulistiwa dan Tanzania karena virus marburg. Kedua negara tersebut diketahui telah melaporkan setidaknya 14 kematian akibat virus ini.

Dalam peringatan yang dikeluarkan pada hari Selasa, Kementerian Kesehatan dan Pencegahan UEA (MoHAP) menyarankan masyarakat tak bepergian ke Tanzania dan Guinea Khatulistiwa kecuali dalam keperluan mendesak.

"Jika perjalanan tidak dapat dihindari, tindakan pencegahan yang diperlukan harus diambil untuk menghindari paparan penyakit, seperti menghindari kontak dekat dengan pasien, menyentuh permukaan yang terkontaminasi, dan tidak mengunjungi gua dan tambang," tambah MoHAP, dikutip dari HaleejTimes.

Selain itu, mereka yang melakukan perjalanan ke dua negara tempat penyakit virus marburg dilaporkan, disarankan untuk melakukan isolasi mandiri setelah kembali ke Uni Emirat Arab. MoHAP juga merekomendasikan agar para pelancong mencari perawatan medis di fasilitas kesehatan terdekat atau departemen darurat di rumah sakit.

"Mereka yang melakukan perjalanan ke daerah yang terkena dampak harus memberi tahu staf medis bahwa mereka telah berada di daerah di mana penyakit virus Marburg menyebar atau telah melakukan kontak dengan orang yang terinfeksi," kata MoHAP dalam sebuah pernyataan.

Bagaimana dengan RI?

Beberapa waktu lalu, Kementerian Kesehatan RI melaporkan bahwa pihaknya telah melakukan pemantauan ketat terkait munculnya penyebaran virus marburg di Afrika. Meski begitu, pemerintah hingga kini belum melarang masuknya pelaku perjalanan dari Afrika terkait risiko penyebaran virus marburg.

"Kita perkuat sekarang surveilans di hewan dan manusia ya," tutur Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes RI dr Siti Nadia Tarmizi saat dihubungi detikcom Selasa (28/3).

"Belum ada pengetatan pintu masuk ya," lanjut dr Nadia.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Warga Negara Ini Diminta Tak Pergi ke Afrika gegara Virus Marburg, RI Gimana?"