Hagia Sophia

06 April 2023

Daun Salam Bisa Sembuhkan Diabetes? Ini Kata Dokter

Benarkah Daun Salam Bisa Sembuhkan Diabetes? Begini Kata Dokter (Foto: iStock)

Diabetes merupakan salah satu masalah penyakit yang besar di Indonesia. Bahkan hingga saat ini pemerintah juga menjadikan diabetes sebagai salah satu perhatian khusus.

Salah satu tanaman yang dipercaya dapat menyembuhkan diabetes adalah daun salam. Namun apakah daun salam memang bisa digunakan sebagai obat diabetes?

Founder Sobat Diabet dr Rudy Kurniawan, Sp.PD, MM, MARS, DipTH, DCD menjelaskan bahwa saat ini belum ada tanaman herbal yang benar-benar terbukti bisa menyembuhkan diabetes.

"Kalau untuk herbal untuk saat ini memang belum ada yang secara pakem bisa untuk mengobati diabetes, tetap butuh obat-obatan yang secara internasional sudah berstandar," ucap dr Rudy ketika ditemui di acara Beat Diabetes di Jakarta Pusat, Rabu (5/4/2023).

Walaupun begitu, dr Rudy menjelaskan bahwa dirinya tak menentang keberadaan obat herbal. Terlebih memang ada banyak obat herbal lain yang sudah terbukti bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

"Kita tidak menentang adanya herbal karena ada beberapa herbal yang sudah terstandar. Cuman sayangnya di diabetes belum ada. Kalau ada, mudah-mudahan sih bisa dipublish oleh Kemenkes," sambungnya lagi.

Terkait daun salam yang diklaim bisa mengobati diabetes, dr Rudy mengatakan bahwa hal tersebut kurang tepat. Namun ia memperbolehkan masyarakat menggunakannya jika dirasa memiliki manfaat untuk tubuh.

"Kalau daun salam untuk mengobati kurang tepat. Tetapi mungkin ditambahkan untuk penyandang diabetes dan ternyata efeknya bagus ya itu silahkan aja," ujarnya.

"Tapi tetap jangan lupa kontrol kondisi diabetesnya dengan cara ke dokter dan minum obat-obatan sesuai dengan jadwal dan jenisnya," pungkasnya.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Benarkah Daun Salam Bisa Sembuhkan Diabetes? Begini Kata Dokter"