Hagia Sophia

21 July 2023

Cipto Raharjo, Pria Obesitas asal Tangerang dengan BB 200 Kg Meninggal di RSCM

Cipto Raharjo, pria obesitas 200 Kg asal Tangerang meniggal dunia setelah 8 hari dirawat di Rumah Sakit Umum Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta

Cipto Raharjo, pria obesitas berbobot 200 kg asal Kecamatan Pinang, Kota Tangerang, meninggal dunia di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM). Kabar ini dikonfirmasi oleh Plt Direktur RSCM Lies Dina Liastuti.

"Ya (meninggal)," kata dr Lies saat dihubungi detikcom, Kamis (20/7/2023).

Cipto dirujuk ke RSCM untuk mendapat penanganan lebih intensif pada 9 Juli lalu. Sebelum dirujuk ke RSCM, kondisi Cipto memburuk dan mengalami sesak napas.

Dia dilaporkan mengalami obesitas sejak 10 tahun lalu. Saat berada di RSUD Kota Tangerang, ada delapan dokter spesialis yang menanganinya.

Pihak RSUD Kota Tangerang melaporkan, Cipto mengalami keluhan berupa sesak napas dan nyeri di kaki. Cipto ditangani oleh tim dokter yang terdiri atas spesialis penyakit dalam, spesialis paru, spesialis gizi klinik, spesialis jantung, spesialis urologi, spesialis kulit, spesialis rehabilitasi medik, dan dokter gigi spesialis penyakit mulut.

"Pasien dibawa dengan keluhan sesak napas selama 1 minggu ini, memberat 3 hari ini. Terdapat nyeri kaki kanan dan kiri dan tidak dapat berjalan sejak 2 minggu ini, dan tidak ada riwayat jatuh. Selama 2 minggu ini pasien hanya jalan mengesot untuk ke kamar mandi," ungkap pihak RSUD Kota Tangerang dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Rabu (5/7).



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Pria Obesitas 200 Kg Asal Tangerang Meninggal di RSCM"