Hagia Sophia

21 July 2023

Raline Shah: Gak Gampang Jadi Vegan

Raline Shah belajar jadi vegan seutuhnya (Foto: Vidya Pinandhita/detikHealth)

Selebriti Raline Shah mengaku sempat menjadi vegan sepanjang dua tahun pandemi COVID-19. Gaya hidup ala veganisme memang ia cita-citakan sejak lama. Namun ia mengaku, menjadi sepenuhnya vegan adalah susah-susah gampang. Kenapa?

"Saya sendiri sebenarnya selama pandemi dua tahun itu vegan. Tapi semejak dari situ, sekarang lebih banyak plant-based. Jadi mungkin makan daging cuman dua kali seminggu," ujarnya saat ditemui dalam penayangan film Kisah Manusia Merangkai Punah, Selasa (6/9/2022).

"Tapi saya benar-benar tertarik untuk full vegan sebenarnya. Menurut saya sendiri, saya belum siap saja. Saya rasa manusiawi, itu kan proses," imbuh Raline.

Lebih lanjut Raline menjelaskan, ada beberapa momen dirinya merasa benar-benar membutuhkan konsumsi daging merah. Misalnya, ketika sedang menstruasi.

Atau di momen lain, Raline juga masih sesekali memakan daging merah misalnya sewaktu merayakan Idul Adha.

Namun catatannya, penting untuk senantiasa memperhatikan proses penyiapan dan produksi daging.

"Kalau pun kita makan daging, harus tau proses (atau) produksinya dari mana. Biasanya kalau saya makan, misalnya kemarin Hari Raya Haji saya masih makan (daging sapi). Karena itu lokal, disembelih khusus dan dimasak," jelas Raline.

"Saya kadang merasa membutuhkan daging. Makanya belum full vegan. Ada masa-masa haid, memerlukan daging merah. Sebenarnya ada alternatif protein yang bisa menggantikan itu, tapi mungkin aku belum siap saja," imbuhnya.

Raline Shah mengaku tak gampang menjadi vegan. Foto: Vidya Pinandhita/detikHealth

Kurangin Makan Daging Bikin BB Turun?

Bagi Raline, veganisme bukanlah cara untuk memangkas berat badan. Sebab jika tujuannya adalah menurunkan berat badan, pilihan menu makan harus dibarengi gaya hidup sehat. Misanya berupa istirahat dan tidur cukup, berolahraga, hingga meditasi.

Menjadi vegan atau stop memakan daging pun tidak menjamin seseorang turun berat badan. Jika yang dikonsumsi tetap makanan-makanan tinggi karbohidrat dan gula, berat badan tidak akan menurun, justru berisiko tetap naik.

"Tapi yang aku rasa paling penting itu bukan untuk menjadi vegan. Supaya kita melatih kesadaran. Karena kalau kita sudah sadar, sensitif, kita akan punya intuisi apa yang kita makan hari ini, apa yang badan kita butuhkan," jelasnya.

"Kalau menurut saya, berat badan nggak ada pengaruhnya dengan vegan. Kadang-kadang teman saya yang vegan malah tambah gemuk karena makannya mie. Karena mie kan nggak ada daging. Terus banyak makan gula, roti, karbohidrat. Seharusnya menjadi vegan juga balance, ada proteinnya juga," pungkas Raline.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Nggak Gampang Jadi Vegan! Begini Curhat Raline Shah Saat Mencobanya"