Hagia Sophia

21 July 2023

Untuk Cegah Penularan, Menkes Diminta Siapkan Lokasi Karantina TBC

Menkes Budi Gunadi Sadikin. (Foto: Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mendapat pengarahan dari Presiden Joko Widodo untuk menyiapkan tempat karantina khusus pengidap tuberkulosis (TBC). Hal tersebut dilakukan untuk mencegah penularan penyakit.

"Arahan Bapak Presiden, selama dua bulan ini coba disiapkan karantina khusus, tapi kalau bisa dekat dengan masing-masing lokasi di mana terjadi tuberkulosis ini. Jadi selama dua bulan dia tidak menularkan keluarganya, dimasukkan ke karantina khusus," ujar Menkes dikutip dari AntaraNews, Rabu (19/7/2023).

Selain agar tidak menular ke keluarga pengidap, karantina juga diharapkan bisa menjadikan pasien TBC disiplin meminum obat. Menkes juga menyebut diminta Presiden untuk bekerja sama dengan Kementerian PUPR dalam menyiapkan tempat karantina tersebut.

Dia menambahkan saat ini Indonesia merupakan negara dengan pengidap TBC terbesar kedua di dunia setelah India. Jumlah kasus TBC di Indonesia diperkirakan mencapai 969 ribu kasus.

"Sampai sebelum COVID paling banyak bisa teridentifikasi 545 ribuan. Jadi sisanya 400 ribu itu nggak terdeteksi, padahal ini penyakit menular, bisa menular ke mana-mana," ungkapnya.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Jokowi Minta Menkes Siapkan Lokasi Karantina Khusus Pengidap TBC"