Hagia Sophia

21 July 2023

Fenomena Unik, Gunung dengan Motif Pelangi

Geologi Unik Gunung Pelangi, Indonesia Juga Punya (Foto: Geology Science)

Bumi kita dipenuhi fenomena geologis aneh namun memesona. Salah satunya adalah fenomena gunung pelangi. Fenomena ini menantang pemahaman kita tentang bagaimana Bumi bekerja.

Gunung pelangi, sesuai namanya, adalah pegunungan yang tampak berwarna-warni, tak seperti gunung pada umumnya. Keajaiban alam ini disebabkan oleh adanya berbagai mineral yang telah terkompresi dan terkikis selama jutaan tahun.

Dikutip dari Geology Science, Kamis (20/7/2023) gunung pelangi adalah contoh luar biasa dari keindahan alam menakjubkan yang dapat ditemukan di seluruh dunia. Mereka adalah bukti kekuatan alam luar biasa yang membentuk planet kita, dan menawarkan pandangan yang unik ke dalam sejarah geologis wilayah tersebut. Berikut adalah sejumlah gunung pelangi yang ada di dunia.

Gunung Pelangi Zhangye Danxia, China. Foto: Brightstar Education

1. Taman Geologi Landform Zhangye Danxia, China
Gunung pelangi yang ada di Taman Geologi Landform Zhangye Danxia, mungkin yang paling terkenal. Fenomena geologis ini terletak di Provinsi Gansu, China. Pegunungan ini terdiri dari serangkaian batu pasir dan endapan mineral yang terbentuk lebih dari 24 juta tahun yang lalu.

Warna yang berbeda adalah hasil dari oksidasi besi dan mineral lainnya, yang menciptakan garis merah, jingga, kuning, hijau, dan biru yang unik. Taman ini memiliki sejumlah jalur pendakian dan anjungan pandang yang memungkinkan pengunjung untuk melihat lebih dekat pada formasi warna-warni. Gunung ini juga menjadi tujuan populer para penggemar fotografi yang tertarik pada lanskap warna-warna cerah.

Vinicunca, Pegunungan Andes, Peru. Foto: Thinkstock

2. Vinicunca, Pegunungan Andes, Peru
Vinicunca yang berlokasi di Pegunungan Andes, Peru, dikenal juga dengan sebutan Mountain of Seven Colours. Pegunungan inu punya ragam warna dari warna biru kehijauan sampai keunguan, serta merah tua hingga emas.

Keindahan tersebut akibat melelehnya es yang terlebih dahulu menutupi area ini. Air es tersebut bercampur dengan mineral di tanah yang berubah menjadi bermacam warna. Sedangkan area berwarna merah, merupakan hasil dari campuran karat dan kuning yang disebabkan oleh besi sulfida.

Gunung Pelangi Landmannalaugar, Islandia. Foto: Bright Education

3. Gunung Landmannalaugar, Islandia
Gunung Landmannalaugar di Islandia menampilkan warna-warni indah merah, emas, jingga, hingga tosca. Perjalanan menuju kawasan ini memakan waktu yang tidak sebentar, kurang lebih empat hari, dan harus melewati Cagar Alam Fjallabak.

Namun perjalanan yang panjang akan terbayar dengan menyaksikan panorama indah gunung pelangi ini. Selain itu, Gunung Landmannalaugar punya mata air alami yang berasal dari panas Bumi, sehingga pendaki bisa melepas lelah sambil menikmati kesegaran air di sini.

Vermilion Cliffs, Arizona, AS. Foto: Brightside Educatio

4. Vermilion Cliffs, Arizona, AS
Vermilion Cliffs adalah salah satu gunung pelangi yang berlokasi di Arizona, Amerika Serikat. Tempat ini memiliki penampakan garis-garis dengan warna dasar merah kecoklatan, terkadang diselingi jingga dan keemasan. Meskipun indah, kawasan ini cukup sepi dan terpencil.

Gunung Pelangi Kelabba Majja, NTT Foto: Instagram @aldi_amran via Travelingyuk

5. Kelabba Maja, NTT, Indonesia
Di Indonesia, kita punya Kelabba Maja. Gunung pelangi ini tepatnya berada di Kabupaten Sabu Raijua, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Berada di kawasan ini seperti di Mars. Meski dominan coklat dan kemerahan, Kelabba Maja kerap menampilkan perpaduan merah, coklat, putih, maupun biru.

Bagi masyarakat setempat, gunung dengan panorama menakjubkan ini dianggap suci karena Kelabba Maja diyakini sebagai tempat berdiamnya Dewa Maja. Setiap tahun, diadakan ritual penyembelihan hewan sebagai persembahan dan meminta perlindungan dari Dewa Maja.



























Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengan judul "Fenomena Geologi Unik Gunung Pelangi, Indonesia Juga Punya"