Hagia Sophia

03 November 2023

Anak di Malaysia Ini Idap Penyakit Langka, Jempol Kakinya Besar Sebelah

Ibu jari dan telunjuk kaki kanan anak perempuan di Malaysia besar sebelah. Kondisi tersebut disebabkan oleh macrodystrophia lipomatosa. (Foto: National Library of Medicine )

Seorang anak perempuan di Kuala Lumpur, Malaysia, memiliki jari jempol dan telunjuk yang super besar karena mengidap macrodystrophia lipomatosa (MDL). Kondisi ini diidapnya sejak lahir yang menyebabkan tulang, jaringan, dan saraf di jempol kaki dan kedua kaki kanannya membesar.

Imbas kondisi tersebut, anak berusia 12 tahun yang tak disebutkan identitasnya itu sulit berjalan dan tak bisa memakai sepatu. Orangtuanya langsung mencari bantuan saat kelainan bentuk kaki putrinya semakin parah.

Seorang ahli bedah ortopedi di Pusat Medis Universitas Kebangsaan, dr Sri Arun Sellvam mengatakan, MDL adalah jenis gigantisme (berlebihnya produksi hormon pada anak-anak) lokal bawaan yang sangat jarang terjadi.

"MDL adalah jenis gigantisme lokal bawaan yang sangat jarang terjadi," ujar Sellvam, seperti dikutip dari National Library of Medicine.

"Temuan radiografi dan MRI menunjukkan akumulasi jaringan lemak di sekitar jari kaki pertama dan kedua, aspek medial dan lateral metatarsal pertama, meluas hingga lengkungan plantar medial kaki," sambungnya.

Tim medis akhirnya melakukan operasi rekonstruksi agar fungsi kaki gadis tersebut bisa normal. Beruntung, operasi tersebut berhasil sehingga gadis itu kini bisa berjalan dan memakai sepatu.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Anak Perempuan di Malaysia Idap Penyakit Langka, Jempol Kakinya Besar Sebelah"