Hagia Sophia

03 November 2023

Mungkinkah Bangunan di Bumi Terlihat dari Luar Angkasa?

Foto: (AFP/Getty Images)

Ada sejumlah gedung tinggi hingga konstruksi besar yang manusia bangun di muka bumi. Dari sekian banyak struktur raksasa tersebut, sebagian orang mungkin pernah bertanya-tanya, adakah bangunan yang terlihat dari luar angkasa?

Rumor mengatakan kalau Tembok Besar China dapat dilihat dari luar angkasa. Tapi, apakah itu benar? Apakah ada bangunan yang dapat terlihat dari luar angkasa? Simak penjelasannya di artikel ini.

Apakah Mungkin Melihat Bangunan dari Luar Angkasa?

Sebelumnya, kita perlu mengetahui lebih dahulu di mana area luar angkasa dimulai dan atmosfer Bumi berakhir. Dilansir dari laman Live Science, ada batas yang menandai akhir wilayah Bumi dan awal luar angkasa, yakni Garis Karman.

Nama garis ini diambil dari seorang fisikawan Theodore von Karman. Garis Karman dianggap sebagai pemisah antara bumi dan luar angkasa. Garis ini terletak di ketinggian 100 km di atas permukaan Bumi. Jadi, wilayah di atas jarak tersebut sudah disebut sebagai area luar angkasa.

Dikutip situs Astronomy, apa yang dilihat para space traveler hingga astronaut di permukaan Bumi tentu saja tergantung pada seberapa tinggi mereka melayang di luar angkasa.

Selain itu, objek di permukaan Bumi dapat terlihat pula dari luar angkasa tergantung pada kondisi cuaca dan pencahayaannya, menurut mantan komandan Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), Chris Hadfield.

Faktanya, sejumlah struktur buatan manusia bisa dilihat dari luar atmosfer bumi pada ketinggian tertentu. Lantas, bangunan apa saja yang terlihat dari luar angkasa?

4 Bangunan yang Terlihat dari Luar Angkasa

Hanya ada beberapa struktur buatan manusia yang dapat dilihat dari luar atmosfer bumi, yakni:

1. Bingham Canyon Mine
Tambang Bingham Canyon berada di sekitar 32 km sebelah tenggara Kota Salt Lake, Utah, Amerika Serikat. Tambang ini disebut sebagai penambangan buatan manusia terbesar dan tambang terdalam di dunia.

Saking besar dan luasnya, Bingham Canyon Mine bisa dilihat dari Garis Karman tanpa perlu bantuan pembesaran (zoom in). Para astronaut NASA juga melaporkan bahwa mereka dapat melihat tambang ini pada ketinggian antara 305-531 km di atas permukaan laut.

2. Three Gorges Dam
Bendungan Three Gorges dibangun di sepanjang Sungai Yangtze, China. Bendungan ini memiliki tinggi 185 m dan panjang lebih dari 2 km.

Menurut NASA, bendungan yang menjadi fasilitas pembangkit listrik terbesar di dunia ini bisa terlihat dari luar angkasa.

3. Palm Jumeirah
Palm Jumeirah, pulau buatan manusia yang terletak di garis pantai Dubai, juga dapat terlihat sekilas dari Garis Karman.

Dengan bantuan lensa kamera 800 mm, jajaran pulau yang berbentuk pohon palem ini bisa dilihat secara jelas dari ISS yang mengorbit di ketinggian sekitar 400 km di atas permukaan laut.

4. Piramida Giza
Menurut seorang astronout Inggris bernama Tim Peake, ia bisa melihat struktur besar Piramida Giza dengan lensa 800 mm. Namun, bangunan ini tidak terlihat dengan mata telanjang.

Sementara mantan astronout NASA dan komandan ISS, Leroy Chiao, mengungkap bahwa Piramida Giza dapat terlihat saat ia berada di orbit Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Ia mengatakan pernah melihat dua piramida besar dengan bantuan kamera tele maupun mata telanjang yang nampak sebagai dua titik kecil.

Adapun rumor tentang Tembok Besar China bisa terlihat dari luar angkasa, Chiao mengakui bahwa ia tidak dapat melihat tembok tersebut saat mengambil foto dari luar angkasa.

Begitu juga yang Hadfield katakan melalui sebuah cuitan bahwa ia tidak bisa melihat Tembok Besar China di luar angkasa karena struktur temboknya yang terlalu sempit serta mengikuti kontur dan warna alami dengan lingkungan alam sekitarnya.





























Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengan judul "Ini 4 Bangunan Buatan Manusia yang Terlihat dari Luar Angkasa"