Hagia Sophia

03 November 2023

5 Kasus Mpox di DKI Miliki Kontak dengan Hewan Peliharaan

Ilustrasi cacar monyet. (Foto: Getty Images/JUN LI)

Kasus Mpox meroket di Tanah Air nyaris mencapai 30 orang, penambahan terus tercatat setiap harinya dengan laporan terakhir di Selasa (31/10/2023) sebanyak 29 kasus. Sebagai kehati-hatian, pemerintah juga melakukan surveilans di banyak pasien, menelusuri kemungkinan kontak erat dengan hewan penyebar virus.

Ada lima orang dari dari 23 kasus di DKI Jakarta yang teridentifikasi memiliki kontak dengan hewan peliharaannya. Empat kasus berkontak dengan kucing, satu orang lainnya melakukan kontak dengan anjing dan kucing.

Meski begitu, sejauh ini kecil kemungkinan paparan Mpox dari hewan peliharaan. Pada banyak kasus, bahkan terjadi sebaliknya yakni manusia yang kerap menularkan virus Mpox.

Seluruh pasien Mpox di Tanah Air sejauh ini dipastikan tertular melalui aktivitas seks berisiko. Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) dr Maxi Rein Rondonuwu meminta masyarakat untuk menghindari transmisi dan mengedepankan perilaku hidup bersih serta sehat.

Penularan Mpox

Dikutip dari Pusat dan Pengendalian Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), mpox merupakan penyakit zoonosis yang menyebar antara hewan dan manusia. Manusia dapat tertular virus ini melalui kontak langsung dengan hewan yang terinfeksi.

Pada 2003, wabah Mpox pada anjing peliharaan dilaporkan di AS pasca seseorang tidur dengan anjing mereka, yang diyakini terpapar dari mamalia kecil seperti tupai hingga tikus, hal ini menyebabkan penularan di manusia hingga menginfeksi 47 kasus, dilaporkan terjadi pada 6 negara bagian Amerika Serikat.

Karenanya, mengisolasi hewan dan manusia yang terinfeksi atau terpapar dapat membantu mencegah penyebaran Mpox lebih lanjut

"Kami tidak tahu pasti apakah hewan peliharaan seperti anjing dan kucing dapat tertular mpox, tetapi hal itu mungkin saja terjadi," sebut CDC.

"Pengidap Mpox mungkin dapat menyebarkan virus ke hewan peliharaan melalui kontak dekat, termasuk mengelus, berpelukan, berpelukan, berciuman, menjilat, berbagi tempat tidur, dan berbagi makanan. Sejauh ini tidak ada hewan peliharaan atau hewan lain yang dipastikan mengidap mpox selama wabah mpox global tahun 2022-2023," pungkasnya.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "5 Kasus Mpox di DKI Dilaporkan Sempat Kontak dengan Hewan Peliharaan"