Hagia Sophia

03 November 2023

Kendala Bikin RS di IKN: Susah Cari Dokter

Foto: Vidya Pinandhita

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin buka-bukaan perihal kondisi dan kendala pengadaan rumah sakit di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur. Ditegakannya, kendala utama adalah perihal penyediaan dokter spesialis.

"Kalau dibilang 'Pak kita dokter ada, yang nggak ada alatnya'. Itu bukan masalah susah. Asal serius dikerjain, seharusnya cepat. Masalah susah itu orangnya," ungkapnya dalam Forum Komunikasi Tenaga Kesehatan Nasional dalam rangka Hari Kesehatan Nasional ke-59, Kamis (2/11/2023).

"Empat rumah sakit di IKN, semua yang punya rumah sakit 'pede' (percaya diri), rumah sakitnya selesai bulan Juli. Yang nggak pede, mencari dokternya. Apalagi dokter spesialis. Di IKN apalagi, hutan belantara," sambung Menkes.

Ia juga menyebut, dari 25 juta populasi di Indonesia, dalam setahun hanya terproduksi dokter sebanyak 3.000 dokter. Padahal idealnya, Indonesia bisa mensuplai minimal 30 ribu dokter setahun.

"Transformasi kesehatan ini penting sekali karena kita punya masalah di jumlah produksi. Saya selalu menekankan bukan masalah distribusi, tapi produksi masalahnya," pungkas Menkes. Sembari ia menekankan, pihaknya berharap produksi dokter di Indonesia bisa memadai perihal jumlah dan kualitasnya.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Buka-bukaan Menkes soal Kendala Bikin RS di IKN, Singgung Susah Cari Dokter"