Hagia Sophia

07 November 2023

Untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh, Pasien Mpox Disarankan Konsumsi Ramuan Herbal

Ilustrasi jamu. (Foto: iStock)

Beberapa waktu terakhir peningkatan kasus cacar monyet atau Mpox tengah menjadi sorotan banyak pihak. Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) menganjurkan jamu herbal yang bersifat imunostimulan untuk pengidap cacar monyet.

"Obat dan jamu herbal yang bisa dipakai untuk membantu penyembuhan cacar monyet atau juga mempercepat penyembuhan cacar monyet adalah herbal-herbal yang bersifat imunostimulan," ucap Ketum PDPOTJI dr Inggrid Tania dikutip dari Antara.

dr Inggrid menuturkan bahwa penyakit infeksi virus seperti cacar monyet dapat disembuhkan dengan daya tahan tubuh yang baik. Menurutnya, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh adalah dengan mengonsumsi ramuan herbal.

"Ada banyak sekali sebetulnya herbal-herbal Indonesia yang bersifat imunostimulan. Misalnya seperti meniran, sambiloto, temulawak, kunyit, jahe, pegagan, hingga bawang putih. Ini sebetulnya semuanya bersifat imunostimulan," sambungnya.

Ia menuturkan bahwa ramuan herbal dapat dikonsumsi dua hingga tiga kali dalam sehari sebelum makan. Untuk yang memiliki masalah lambung, ramuan herbal bisa dikonsumsi setelah makan.

Adapun ramuan herbal tersebut bisa diolah sendiri di rumah dengan cara mencuci bersih bahan-bahan, kemudian digeprek, dan direbus menggunakan satu hingga dua gelas air. Lakukan proses perebusan selama 10 hingga 15 menit setelah itu ramuan herbal sudah bisa dikonsumsi.

"Tidak hanya satu bahan, membuat jamu atau minuman herbal bisa dicampur-campur misalnya kunyit dengan temulawak, atau juga bisa dengan jahe," kata dr Inggrid.

"Bahan-bahan yang bisa ditambahkan lain misalnya pemanis pakai gula merah atau madu. Kalau suka juga bisa ditambahkan perasan jeruk nipis," pungkasnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Pasien Mpox Disarankan Minum Jamu Biar Cepat Sembuh, Dokter Herbal Spill Resepnya"