Hagia Sophia

22 December 2023

European Super League Lahir Kembali?

Foto: thesuperleague.com

European Super League kembali terlahir usai Pengadilan Uni Eropa menyatakan pelarangannya tak sah. Super League mengungkap formatnya.

Gagasan European Super League muncul sesaat pada April 2021 silam lalu pudar setelah berbagai protes dan penolakan. FIFA dan UEFA menentang keras ajang ini karena tidak di bawah naungan mereka.

FIFA dan UEFA lantas melarang klub-klub dan para pemain terlibat dalam kompetisi ini dan mengancam dengan pembekuan. Hal ini kemudian digugat oleh ke Pengadilan Uni Eropa dan diputuskan pelarangan itu tak sah.

Pengadilan Uni Eropa menyebut pelarangan itu bertentangan dengan hukum kompetisi dan kebebasan untuk menyediakan layanan. Putusan ini pun disambut positif oleh para pendukun Super League.

Perusahaan penyelenggara Super League, A22, langsung mengumumkan format baru kompetisinya. Mereka menegaskan bahwa keikutsertaan klub akan berdasarkan pencapaian olahraga, tidak ada anggota tetap, dan klub-klub akan tetap bermain di liga domestik masing-masing.

Formatnya adalah kompetisi terbuka dengan promosi dan degradasi, mencakup dua tahap yakni tahap liga dan fase gugur. Akan ada 64 peserta yang terbagi ke tiga liga: Star (Bintang), Gold (Emas), dan Blue (Biru).

Liga Star dan Gold berisi 16 klub dan masing-masing terbagi menjadi dua grup. Sementara Liga Blue akan diikuti 32 klub yang terbagi menjadi empat grup (masing-masing 8 klub).

Fase liga akan berlangsung dari September sampai April, dengan klub-klub bertemu dua kali (kandang-tandang). Empat klub teratas di masing-masing grup Liga Star dan Gold, juga dua teratas dari tiap-tiap grup Liga Blue, maju ke perempatfinal.

Klub-klub terbawah di Liga Star akan bertukar posisi dengan klub-klub teratas di Liga Gold. Begitu juga dengan klub-klub terbawah di Liga Gold digantikan dengan klub-klub teratas Liga Blue.

Lalu di Liga Blue, 20 klub dari 32 peserta akan digantikan oleh klub-klub lain, tergantung pada performa di liga domestik. Sebagaimana Liga Champions, partai-partai Super League digelar tengah pekan.



























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "European Super League Lahir Kembali, Begini Formatnya"