Hagia Sophia

22 December 2023

Jokowi: Hijau IKN Bikin Penyakit Jantung dan Stroke Menjauh

Presiden Joko Widodo (Jokowi) (Foto: dok. Istimewa/YouTube Setpres)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru-baru ini menyatakan suasana hijau di Ibu Kota Nusantara (IKN) membuat pikiran orang senang. Bahkan, suasana yang asri itu pun diyakini Jokowi bisa mencegah penyakit stroke dan jantung.

Adapun hal ini disampaikan saat Jokowi tengah meresmikan pembangunan proyek atau groundbreaking Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) di IKN, Kalimantan Timur. Adapun RSUP ini nantinya akan fokus menangani masalah jantung dan stroke.

"Tapi kalau kita melihat kehijauan di sini, oksigennya banyak, mestinya pikirannya senang ya, stroke-nya menjauhlah menurut saya, [penyakit] jantungnya juga menjauh karena suasananya di sini adalah suasana hijau," imbuh Jokowi, dikutip dari keterangan tertulis Sekretariat Kabinet, Selasa (20/12/2023).

Tak hanya itu, Jokowi juga meminta kepada siapapun yang membangun gedung di IKN harus berbasis green building atau ramah lingkungan. Juga, lingkungannya pun harus hijau dan asri.

"Dan memang akan kita hijaukan, sehingga hari ini kita juga akan melakukan penghutanan kembali reforestasi, melakukan penghijauan penanaman pohon-pohon endemik," ungkapnya.

"Sekali lagi agar kawasan yang ada di Ibu Kota Nusantara ini menjadi sebuah kawasan yang sangat hijau yang di negara manapun tidak dijumpai ibu kota yang sehijau nusantara ini," pungkasnya.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Jokowi Klaim Suasana Hijau IKN Bikin Penyakit Jantung dan Stroke Menjauh"