Hagia Sophia

22 December 2023

NASA Temukan Gugusan Bintang yang Mirip Pohon Natal

NASA Temukan Pohon Natal Raksasa Kelap-kelip di Luar Angkasa Foto: NASA/XCX/SAO

Pohon Natal dengan lampu kelap-kelip sudah menjadi tradisi Natal di banyak negara. Tidak hanya di rumah-rumah di Bumi, pohon Natal ternyata bisa ditemukan di luar angkasa.

NASA belum lama ini menemukan gugusan bintang dengan bentuk dan warna yang sangat mirip dengan pohon Natal. Gugusan bintang ini ditemukan oleh Chandra X-ray Observatory.

Gugusan bintang ini memiliki nama resmi NGC 2264 tapi dijuluki sebagai 'Christmas Tree Cluster'. NASA mengatakan gugusan bintang ini masih berada di galaksi Bima Sakti, sekitar 2.500 tahun cahaya dari Bumi.

Bintang-bintang yang merupakan bagian dari gugusan ini masih cukup muda, dengan usia antara satu hingga lima juta tahun. Ukurannya pun beragam, ada yang kecil dan ada yang massanya tujuh kali lebih besar dari matahari.


Gambar komposit yang dibagikan NASA memperlihatkan gugusan bintang dengan bentuk segitiga yang diputar 160 derajat sehingga makin mirip seperti pohon Natal. Warna hijau yang mendominasi gugusan bintang ini bukanlah daun, melainkan awan gas.

NASA juga membagikan versi animasi dari gambar komposit ini dengan warna biru dan putih yang kelap-kelip layaknya lampu yang menghiasi pohon Natal. Kilauan warna biru dan putih ini merupakan bintang berusia muda yang memancarkan sinar X.

Selain pohon Natal di luar angksa, NASA juga membagikan foto bertema Natal yang diambil oleh teleskop luar angkasa Hubble. Foto ini menunjukkan miliaran bintang yang bersinar di galaksi kerdil bernama UGC 8091, seperti dikutip dari CNN, Jumat (22/12/2023).

Galaksi kerdil UGC 8091 Foto: ESA/Hubble, NASA Y. Choi (NOIR/ESA/Hubble, NASA, ESA, Yumi Choi (NSF's NOIRLab), Karoline Gilbert (STScI), Julianne Dalcanton (Center for Computational Astrophysics/Flatiron Inst., UWashington)

Galaksi UGC 8091 berada di konstelasi Virgo yang jaraknya sekitar tujuh juta tahun cahaya dari Bumi. Foto yang diambil teleskop Hubble memperlihatkan galaksi yang didominasi warna merah dengan titik-titik berwarna biru di belakangnya.

Warna biru yang ada di gambar komposit ini berasal dari bintang yang baru lahir, sedangkan warna merah dan pink yang bersinar kemungkinan berasal dari molekul hidrogen yang memanas berinteraksi dengan cahaya dari bintang.



























Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengan judul "NASA Temukan Pohon Natal Raksasa Kelap-kelip di Luar Angkasa"